Alasan Liga 1 2021 Wajib Vaksin 2 Dosis dan Tidak Pandang Lokal Maupun Asing

Kompas.com - 01/09/2021, 17:40 WIB
Pemain Arema FC Dedik Setiawan seusai mendapatkan vaksin Covid-19 di Pendopo Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (30/01/2021) pagi. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain Arema FC Dedik Setiawan seusai mendapatkan vaksin Covid-19 di Pendopo Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (30/01/2021) pagi.

KOMPAS.com - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mempertegas kembali Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2021 demi terselenggaranya Liga 1 2021-2022 yang steril dan aman.

Seluruh pemain, ofisial, kru media dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib mendapat vaksinasi dosis kedua. Tidak terkecuali, pemain dan juga staff asing.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menegaskan hal tersebut sudah menjadi keputusan yang tidak bisa ditawar.

Apabila ada kendala dalam penerapannya, hal tersebut akan dicarikan solusi bersama.

“Jadi, vaksin ini mutlak dua kali tidak bisa ditawarkan dan dinegosiasi. Intinya ada beberapa komunikasi dengan Kemenkes apakah bisa ada program percepatan. Tentunya harus ada aturan,” tegas Akhmad Hadian Lukita dalam sesi konferensi pers virtual, Selasa (21/8/2021) malam.

“Vaksin harus 2 kali tidak ada pengecualian karena saat cek vaksin tidak masuk ke sistem juga tidak bisa masuk ke area yang ditentukan,” imbuhnya.

Baca juga: Profil 4 Pemain Asing Persib Bandung untuk BRI Liga 1 2021-2022

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejauh ini memang ditemukan banyak kendala dalam proses vaksinasi pemain asing.

Kendala pertama karena beberapa negara punya kriteria khusus vaksin yang harus diberikan kepada warganya.

Kendala kedua adalah sulitnya proses integrasi data pemain asing ke aplikasi Peduli Lindungi yang menjadi acuan validasi data penerimaan vaksinasi.

Dalam kasus ini, PT LIB menerima laporan ada pemain asing yang sudah vaksin 2 kali tetapi datanya tidak bisa masuk ke sistem.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.