Sisi Urgensi Liga 1 2021 Mesti Segera Bergulir di Tengah Pandemi

Kompas.com - 27/08/2021, 11:30 WIB
Dua petugas penyemprotkan disinfektan ke bench pemain sebelum laga Piala Mentora 2021 dimulai di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/03/2021) siang. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUDua petugas penyemprotkan disinfektan ke bench pemain sebelum laga Piala Mentora 2021 dimulai di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/03/2021) siang.

KOMPAS.com - Kompetisi Liga 1 akhirnya akan segera dimulai setelah terhenti selama lebih dari satu tahun akibat pandemi virus corona.

Duel pembuka Liga 1 2021 bakal mempertemukan juara bertahan Bali United dan Persik Kediri yang berlangsung malam hari ini, Jumat (27/8/2021), di Stadion Gelora Bung Karno.

Kepastian penyelenggaraan Liga 1 2021 mendapat perhatian dari pengamat sepak bola senior, Tommy Welly, atau yang akrab disapa Bung Towel.

Bung Towel mengatakan, Liga 1 2021 memang harus diselenggarakan, tentu dengan penyesuaian-penyesuaian mengingat digelar di tengah pandemi.

Menurut Bung Towel, ada dua alasan yang mendasari urgensi bergulirnya kompetisi Liga 1, yaitu aspek sepak bola dalam konteks profesional dan aspek sporting.

Baca juga: Detik-detik Jelang Kickoff Liga 1, Akhir Penantian Mati Suri 530 Hari

"Pandemi virus corona dialami seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia. Ketika sepak bola di belahan negara lain, bahkan negara tetangga, bisa berjalan, seharusnya di Indonesia juga bisa. Tentu saja dengan penyesuaian, baik dari aspek sepak bola maupun protokol kesehatannya," kata Bung Towel kepada Kompas.com, Selasa (24/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi, urgen tidak? Menurut saya urgen. Sepak bola dalam konteks profesional adalah sektor usaha, sektor bisnis, bukan semata-semata sepak bola karena menyangkut para pelaku, seperti pelatih dan pemain yang hidupnya bergantung pada penghasilan di sepak bola," tuturnya.

"Faktor pertama Liga 1 harus berjalan karena menyangkut aspek dunia usaha juga. Pelakunya profesional yang menggantungkan hidup dari profesi ini. Yang kedua dari aspek sepak bolanya atau sporting," tuturnya.

"Liga harus berjalan salah satunya untuk tim nasional. Kita akan kesulitan membangun timnas jika tidak ada kompetisi. Kalau tak ada kompetisi, pelatih timnas Shin Tae-yong mau ambil pemain dari mana?" ucap Bung Towel.

Baca juga: Liga 1 2021 Terapkan Tes Antigen-PCR Berlapis demi Kebaikan Bersama

Adapun Liga 1 2021 akan dimulai dengan tiga pertandingan terlebih dahulu. Selain duel Bali United vs Persik, laga-laga yang akan berlangsung akhir pekan ini adalah Persipura vs Persita dan Bhayangkara FC vs Persiraja Banda Aceh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.