Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Matangnya Persiapan Persipura Menyongsong Liga 1 2021...

Kompas.com - 24/08/2021, 21:40 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Persipura Jayapura menyongsong Liga 1 2021-2022 dengan kesiapan yang sangat matang. Hal tersebut didasari karena mereka sudah melakukan pemusatan latihan sejak bulan April lalu.

Awalnya, pelatih Jacksen F Tiago dan tim berangkat TC ke Batu pertengahan April untuk menyongsong AFC Cup yang diselenggarakan akhir bulan Juni serta kickoff Liga 1 2021-2022 yang awalnya direncanakan pada 9 Juli.

Namun, pada perjalanannya, fase grup Piala AFC untuk Persipura dibatalkan karena lonjakan kasus Covid-19 di wilayah Asia Tenggara. Menyusul kemudian Liga 1 yang juga ditunda beberapa kali hingga sempat simpang siur nasibnya.

Sejak awal bulan Juli, tim berjuluk Mutiara Hitam itu memutuskan untuk fokus melakukan pemusatan latihan dengan jeda secara berkala. Program yang diberikan pun program berat untuk membentuk kesiapan tim dengan intensitas latihan yang cukup tinggi.

Baca juga: Kickoff Liga 1 Depan Mata, Tak Mengeluh dengan yang Ada...

Padahal, pada saat itu, mayoritas tim lain meliburkan diri karena nasib kompetisi masih belum jelas seiring dengan penerapan PPKM Darurat Jawa-Bali yang terus diperpanjang.

Namun, kini Persipura Jayapura memetik buah kerja kerasnya.

Dengan latihan yang berkesinambungan, tim siap tampil berkompetisi. Kesiapan pemain pun semuanya merata, baik pemain lokal maupun pemain asing.

Pemain asing Persipura Jayapura di Liga 1 2021, Yevhen Bokhashvili.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pemain asing Persipura Jayapura di Liga 1 2021, Yevhen Bokhashvili.

"Pemain asing sudah menyatu lama dengan kami. Karena itu, saya rasa aspek tersebut tidak menjadi masalah. Semua dalam kondisi yang nyaman," tutur pelatih Jacksen F Tiago.

Baca juga: Jadwal Liga 1 2021-2022, Dibuka dengan Laga Bali United Vs Persik

Tidak hanya dari sisi teknis, chemistry antarpemain pun sudah terbentuk bagus. Sebab setiap hari pemain bertemu dan berinteraksi di pemusatan latihan sehingga secara tidak langsung pemain sudah mengenal satu sama lainnya.

"Kami punya beberapa event yang membangun kekompakan di antara mereka sehingga itu bisa menjadi nilai lebih," kata pelatih asal Brasil itu.

“Sisi positif kami (pemusatan latihan) di luar Papua, usai latihan masing-masing pemain kembali ke kamar, restoran, sehingga frekuensi pertemuannya sangat tinggi. Kami bisa membangun chemistry yang lebih tinggi lagi," katanya.

Namun, di sisi lain, panjangnya durasi pemusatan latihan juga menciptakan beberapa tantangan.

Demi memastikan tim tetap steril, pemusatan kali ini dilakukan dengan pembatasan yang ketat, pemain dilarang keluar masuk sembarangan lokasi TC, bahkan diimbau untuk tidak berinteraksi dengan pihak luar.

Kebijakan ini punya tujuan baik, meskipun rawan membuat pemain jenuh. Tim diisolasi dalam jangka waktu yang lama. Belum lagi rutinitas harian mereka lebih banyak berlatih.

Baca juga: Daftar 18 Klub Peserta Liga 1 2021-2022

Untuk mengatasi hal tersebut, Jacksen F Tiago memberikan beberapa program selingan yang bersifat hiburan yang membangun kedekatan antarpemain, seperti makan bersama, games, dan kegiatan ice breaking. Tentunya dikondisikan dengan kebijakan pembatasan.

Pelatih asal Brasil, Jacksen F Tiago memimpin latihan Persipura Jayapura untuk persiapan Liga 1 2021/2022 di Lapangan Agrokusuma Batu, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021) sore.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pelatih asal Brasil, Jacksen F Tiago memimpin latihan Persipura Jayapura untuk persiapan Liga 1 2021/2022 di Lapangan Agrokusuma Batu, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021) sore.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com