Kompas.com - 19/08/2021, 07:40 WIB
Bek Persib Bandung, Nick Kuipers. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHABek Persib Bandung, Nick Kuipers.

BANDUNG, KOMPAS.com - Penghentian kompetisi bukan alasan bagi Nick Kuipers untuk tidak produktif. Bek Persib Bandung itu mengisi waktu luang selama masa penghentian kompetisi dengan melebarkan sayap bisnisnya.

Sebelumnya, Kuipers membuka bisnis kuliner, dengan menjajakan wraps sebagai penganan utamanya.

Hampir setahun setelah bisnis kulinernya berjalan, Kuipers kembali melebarkan usahanya dengan menjajal bisnis dalam bidang fashion dengan brand bertajuk Nodua.

"Ini adalah fashion brand yang saya buat. Di antaranya adalah jeans, kami bekerja sama dengan pabrikan di Bandung dan saya buat sendiri model jeans-nya dan saya senang dengan itu," kata Kuipers kepada wartawan, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Optimisme Nick Kuipers untuk Bawa Persib Bandung Juara Liga 1 2021

Terkait pemilihan nama brand, Kuipers mengaku terinspirasi dari nomor punggungnya. Seperti diketahui, Kuipers mengenakan nomor punggung dua selama dua musim membela Persib.

Selain itu, ada makna dari penamaan brand itu. Nama Nodua memiliki filosofi bahwa dirinya senang bekerja sama dengan orang lain dalam membangun sebuah bisnis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Namanya Nodua karena penting untuk bekerja sama, itu juga nomor punggung saya di sepak bola. Namun, maknanya lebih kepada saya senang bekerja bersama dan membangun ide bisnis serta merealisasikannya bersama seseorang. Jadi, itulah kenapa kita kasih nama Nodua," tutur Kuipers.

Menyoal ketertarikan terhadap dunia usaha, Kuipers mengatakan, ketertarikan itu datang dengan sendirinya. Bahkan, dia tidak pernah belajar bisnis secara formal.

Kuipers merasa beruntung karena dalam menjalankan bisnis, dia selalu mendapatkan partner yang baik dan bisa mengajarinya untuk mengelola bisnis dengan baik.

Baca juga: Persib Tak Khawatirkan Motivasi Para Pemainnya

"Saya belajar sendiri karena saya pikir penting untuk memiliki orang baik dekatmu karena dengan mereka kita bisa percaya satu sama lain, dan bekerja sama sehingga bisa mencapai sesuatu yang bagus," tutur Kuipers.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.