Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Izin dari Satgas Covid-19 Terbit, Kick-off Liga 1 Mendekati Kenyataan

Kompas.com - 18/08/2021, 20:58 WIB
Faishal Raihan

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Harapan pencinta sepak bola Indonesia untuk kembali menyaksikan rangkaian pertandingan Liga 1 sebentar lagi terwujud.

Sebab, rekomendasi dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, yang sebelumnya menjadi "penghalang" Liga berjalan, sudah turun.

Satgas Covid-19 memberikan rekomendasi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 bergulir melalui surat resmi mereka pada Rabu (18/8/2021).

Surat tersebut dikirimkan ke PSSI dan ditandatangani oleh Kepala BNPB selaku Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito.

Baca juga: Sudah Suntik Vaksin, 4 Pemain Asing Persebaya Bisa Main di Liga 1

Hal itu menindaklanjuti permohonan rekomendasi kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang dikirimkan oleh PSSI sebelumnya.

Dalam surat bernomor B-112/KA.SATGAS/PD.01.02/08/2021, ada tiga permintaan Satgas Covid-19 kepada PSSI terkait ingin menggulirkan Liga 1 dan Liga 2 2021.

Pertama, Satgas Covid-19 menyambut baik langkah PSSI dengan melakukan pemberitahuan dan penerapan protokol kesehatan pada kegiatan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 yang digelar mulai 27 Agustus 2021 sampai dengan 30 April 2022.

Pada poin kedua, mereka meminta PSSI wajib melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan selama kompetisi berlangsung, yang tertuang dalam tiga poin berikut:

Baca juga: Optimisme Nick Kuipers untuk Bawa Persib Bandung Juara Liga 1 2021

  1. Setiap anggota tim yang mengikuti kegiatan sebagaimana dimaksud, harus sudah divaksin dosis kedua dan wajib melakukan tes rapid antigen/PCR dengan hasil negatif sehari sebelum kegiatan.
  2. Menerapkan protokol kesehatan 3M (memaka masker, menjaga jarak minimal 1,5 meter, dan mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer).
  3. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan tanpa penonton di ruangan stadion/tempat kegiatan dan dapat disiarkan atau disebarluaskan secara daring.

Pada poin ketiga, Satgas Covid-19 juga meminta PSSI agar berkoordinasi dengan kepala daerah atau Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 daerah di tempat penyelenggaraan acara.

Dengan turunnya surat rekomendasi izin dari Satgas Covid-19, setidaknya sedikit lebih tenang bagi PSSI.

Baca juga: Pelatih Persib Tunggu Kepastian Jadwal Tanding di Liga 1 2021

Sebab, rencana untuk menggulirkan Liga 1 pada 27 Agustus 2021 bisa terjadi.

Adapun untuk kick-off Liga 2 akan digelar tiga pekan setelah Liga 1 bergulir. (Mochamad Hary Prasetya).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com