Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI dan Jakpro Resmi Jalin Kerja Sama Optimalisasi Jakarta International Stadium

Kompas.com - 17/08/2021, 17:00 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PSSI dan PT Jakarta Propertindo (Jakrpo) resmi menjalin kerja sama optimalisasi Jakarta Interntional Stadium (JIS).

Peresmian kerja sama PSSI dan Jakpro dilakukan di depan Jakarta International Stadium pada Selasa (17/8/2021) siang WIB.

Dalam acara tersebut turut hadir Yunus Nusi (Sekjen PSSI), Dwi Wahyu Daryoto (Dirut Jakpro), Marciano Norman (Ketum KONI Pusat), hingga Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta).

"Kolaborasi dengan PSSI ini merupakan inisiatif dari Ketum KONI Pusat. Sebelumnya, kami dan KONI sudah bekerja sama terkait pemanfaatan JIS untuk mendukung prestasi olahraga nasional," kata Dwi Wahyu Daryoto.

"Kami berharap kolaborasi dengan PSSI ini bisa meningkatkan prestasi sepak bola nasional," ucap Dwi Wahyu Daryoto menambahkan.

Baca juga: BNPB-Polri Minta PSSI Konsisten Patuhi Prokes Selama Liga 1 2021 Bergulir

Di sisi lain, Yunus Nusi menilai kolaborasi PSSI dengan Jakpro terkait optimalisasi JIS kali ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpers) No.3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Terdekat, Yunus Nusi menyebut timnas U18 Indonesia dan senior kemungkinan besar akan menggelar pemusatan latihan di JIS tahun ini.

"Ini adalah kerja sama terpenting dan sangat membanggakan untuk PSSI. Kami sangat membutuhkan fasilitas seperti yang dimiliki JIS untuk meningkatkan prestasi timnas," kata Yunus Nusi.

"Seluruh strata timnas Indonesia baik itu putra dan putri akan melakukan pemusatan latihan dalam waktu dekat. Kami berharap para pemain timnas bisa memanfaatkan fasilitas di sini," ucap Yunus Nusi.

"Timnas Indonesia sangat membutuhkan lapangan standar internasional untuk berlatih. Kami sudah memiliki pelatih level internasional (Shin Tae-yong). Terkadang, para pelatih agak cerewet soal lapangan latihan," tutur Yunus Nusi.

"Sekarang kami sudah memiliki lapangan dan fasilitas dengan standar internasional di JIS. Kami yakin kolaborasi ini bisa meningkatkan prestasi timnas," ucap Yunus Nusi.

"Timnas U18 Indonesia yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U20 2023 kemungkinan besar akan melakukan pemusatan latihan di JIS dalam waktu dekat," tutur Yunus Nusi.

"Adapun timnas senior juga akan melakukan pemusatan latihan di sini," ucap Yunus Nusi.

Baca juga: Kabar Duka, Mantan Manajer Timnas Indonesia Andi Darussalam Meninggal Dunia

Pembangunan konstruski Jakarta Internatinal Stadium sudah mulai dikebut sejak 2019 dan diperkirakan akan rampung akhir tahun ini.

Jakarta International Stadium merupakan stadion berstandar FIFA dan dibangun dengan konsep green building pertama di Indonesia.

JIS mampu meraih skor greenship platinum grade untuk design and build dari lembaga sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI).

Dikutip dari situs Daily Mail, JIS dengan kapasitas 82.000 penonton nantinya akan masuk ke dalam daftar 10 stadiun termegah di dunia.

Atap buka-tutup otomatis, sky-viewing deck di ketinggian 70 meter, rumput hybird turf, dua lapangan latihan, hingga ruang ganti pemain mewah menjadi beberapa fasilitas berstandar internasional yang akan tersedia di Jakarta International Stadium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com