Eksklusif, Sebastian Kehl Cerita Derita Dortmund di Tengah Manuver Transfer Ratusan Juta Euro

Kompas.com - 15/08/2021, 19:40 WIB
Calon Direktur Sepak Bola Borussia Dortmund Sebastian Kehl berbicara kepada beberapa media terpilih dalam acara media visit virtual jelang Piala Super Jerman pada Minggu (15/8/2021) sore WIB. KOMPAS.com/Firzie A. IdrisCalon Direktur Sepak Bola Borussia Dortmund Sebastian Kehl berbicara kepada beberapa media terpilih dalam acara media visit virtual jelang Piala Super Jerman pada Minggu (15/8/2021) sore WIB.

KOMPAS.com - Calon Direktur Sepak Bola Borussia Dortmund Sebastian Kehl mengutarakan kondisi sepak bola Eropa di tengah pandemi kepada Kompas.com.

Kompetisi-kompetisi dan klub-klub sepak bola Eropa memang masih merasakan efek pandemi Covid-19.

Tanpa kehadiran penonton dan jadwal sepak bola yang sempat hiatus membuat beberapa klub besar mengalami kesulitan keuangan serius.

 

Banyak klub harus melakukan pemotongan gaji pemain dan bahkan merumahkan karyawan.

Barcelona bahkan harus kehilangan megabintang Lionel Messi dan kesulitan mendaftarkan pemain-pemain baru mereka.

Di lain sisi, keringanan peraturan Financial Fair Play dari UEFA membuat beberapa klub yang disokong pemilik dana raksasa bisa belanja pemain hingga ratusan juta euro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Gelar Media Visit Virtual, Bundesliga Tekankan Alasan-alasan Menjadi Salah Satu Liga Terbaik di Dunia

Jack Grealish dipinang Manchester City dengan mahar 100 juta pound, begitu juga dengan Romelu Lukaku yang pindah ke Chelsea dengan banderol lebih dari 100 juta pound.

PSG menemukan ruang untuk menyusun tim super bintang dengan merekrut Sergio Ramos, Achraf Hakimi, Gianluigi Donnarumma, Gini Wijnaldum, dan Lionel Messi sepanjang musim panas.

Dortmund sendiri berhasil melepas Jadon Sancho ke Manchester United dengan harga hampir sama seperti Grealish dan Lukaku.

Jadon Sancho resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Manchaster United pada Jumat (23/7/2021) malam WIB. Tangkapan Layar Twitter Manchester United Jadon Sancho resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Manchaster United pada Jumat (23/7/2021) malam WIB.

Kondisi bisnis sepak bola di tengah pandemi ini ditanyakan Kompas.com kepada Sebastian Kehl pada acara media visit virtual Bundesliga dengan beberapa media terpilihpada Minggu (15/8/2021) sore WIB.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.