Laga Timnas Indonesia di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 Ditunda

Kompas.com - 13/08/2021, 19:20 WIB
Para pemain timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan sebelum menghadapi Vietnam di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021), pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. DOK. PSSIPara pemain timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan sebelum menghadapi Vietnam di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021), pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

KOMPAS.com - PSSI dan Federasi Sepak Bola Taiwan (CTFA) sepakat untuk menunda laga timnas Indonesia vs Taiwan di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Laga timnas Indonesia antara Taiwan direncanakan berlangsung dua leg.

Pertandingan leg pertama dijadwalkan berlangsung di Indonesia pada 7 September, lalu leg kedua 12 Oktober di Taiwan.

Namun, jadwal tersebut terpaksa diundur setelah PSSI dan CTFA menggelar pertemuan secara virtual beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jelang Liga 1 dan Liga 2, 8 Klub Belum Bayar Tunggakan Gaji Pemain

Kesepakatan PSSI dan CTFA untuk memundurkan pertandingan pun telah disampaikan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

"Kami telah bersepakat dengan Federasi Sepak Bola Taiwan bahwa pertandingan pada leg pertama bulan September diundur menjadi bulan Oktober. Hasil kesepatan ini kami usulkan ke AFC," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, Jumat (13/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun faktor yang membuat PSSI dan CTFA sepakat menunda pertandingan karena pandemi Covid-19 di kedua negara masih menunjukkan kasus yang tinggi.

"Selain itu, kami melihat proses karantina karena di Indonesia wajib karantina 8 hari dan di Taiwan 14 hari. Tentu faktor-faktor tersebut harus kami perhatikan," tambah Yunus Nusi.

Baca juga: BNPB-Polri Minta PSSI Konsisten Patuhi Prokes Selama Liga 1 2021 Bergulir

Perubahan jadwal ini sendiri sudah diprediksi oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong beberapa hari lalu.

Shin Tae-yong juga menilai Indonesia dan Taiwan akan kesulitan menggelar pertandingan karena kasus Covid-19 yang masih tinggi di antara kedua negara.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun menyarankan agar babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 dilaksanakan di tempat netral seperti di Qatar.

Adapun Shin Tae-yong masih berada di Korea Selatan untuk melakukan pengobatan, check-up, dan karantina.

Shin Tae-yong direncanakan kembali ke Indonesia pekan ketiga Agustus ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PSSI
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.