Dominasi Pelatih Jebolan Bundesliga di Liga Champions: Juara karena Data

Kompas.com - 10/08/2021, 18:45 WIB
Thomas Tuchel sukses mengantar Chelsea menjadi juara Liga Champions 2020-2021 dengan mengalahkan Manchester City pada partai final di Stadion Dragao, Porto, pada Minggu (30/5/2021) dini hari WIB. AFP/SUSANA VERAThomas Tuchel sukses mengantar Chelsea menjadi juara Liga Champions 2020-2021 dengan mengalahkan Manchester City pada partai final di Stadion Dragao, Porto, pada Minggu (30/5/2021) dini hari WIB.
|

KOMPAS.com - Data menjadi salah satu alasan kenapa pelatih jebolan Bundesliga bisa mendominasi Eropa.

Sebanyak tiga edisi terakhir Liga Champions dimenangi oleh pelatih Jerman yang merupakan jebolan Bundesliga.

Juergen Klopp dengan sepak bola gegenpressing mengantar Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-2019.

Hansi Flick yang menukangi Bayern Muenchen lantas meneruskan kejayaan pelatih Jerman di pentas Liga Champions pada 2019-2020.

Dominasi pelatih jebolan Bundesliga berlanjut saat Chelsea meraih trofi beralias Si Kuping Besar pada 2020-2021.

Ketika tampil sebagai kampiun Eropa, juru kemudi Chelsea adalah peracik taktik asal Jerman, Thomas Tuchel yang pernah menukangi Mainz dan Borussia Dortmund.

Baca juga: Bundesliga Match Facts, Kacamata Statistik untuk Fans Bola Modern

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Benang merah yang menghubungkan Juergen Klopp, Hansi Flick, dan Thomas Tuchel adalah mereka sama-sama punya perhatian tinggi terhadap detail.

Lantas, apakah bisa disimpulkan bahwa dominasi pelatih Jerman di Liga Champions tiga tahun belakangan merupakan kemenangan dari analisis data?

“Ya, saya tahu, Thomas Tuchel misalnya, sangat menyukai statistik. Dia menganalisis setiap permainan dan semuanya, serta selalu bekerja dan menunjukkan pemainnya data,” kata Direktur Olahraga Bayer Leverkusen, Simon Rolfes, kepada Kompas.com dalam sesi media round table Bundesliga Match Facts.

Bersama Steffen Merkel (Executive Vice President Audiovisual Rights, DFL) dan Klaus Buerg (Managing Director DACH Region AWS), Simon Rolfes hadir sebagai salah satu pembicara dalam sesi media round table virtual yang digelar Bundesliga, Selasa (10/8/2021) sore WIB.

Baca juga: Final Liga Champions - Bola Tenis, Berlian, dan Obsesi Besar Tuchel

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.