Kompas.com - 10/08/2021, 18:05 WIB
Robert Lewandowski (kiri) berduel melawan Erling Braut Haaland pada laga pekan ke-24 kasta teratas Liga Jerman, Bundesliga, yang mempertemukan Bayern Muenchen vs Borussia Dortmund di Stadion Allianz Arena, Minggu (7/3/2021) dini hari WIB. AFP/ ANDREAS GEBERTRobert Lewandowski (kiri) berduel melawan Erling Braut Haaland pada laga pekan ke-24 kasta teratas Liga Jerman, Bundesliga, yang mempertemukan Bayern Muenchen vs Borussia Dortmund di Stadion Allianz Arena, Minggu (7/3/2021) dini hari WIB.
|

KOMPAS.com - Bundesliga menjanjikan pengalaman menonton pertandingan yang lebih menarik melalui sajian data statistik.

Sejak Januari 2020, DFL (Deutsche Fussball Liga) dan Amazon Web Service (AWS) menjalin kolaborasi untuk menyajikan pengolahan data statistik secara langsung yang akan membuat pengalaman menonton laga Bundesliga menjadi lebih menarik.

Bundesliga Match Facts yang merupakan hasil kerja sama dengan AWS, menjawab rasa haus penonton sepak bola modern akan statistik menarik seputar pertandingan.

Fans bisa langsung mengakses data-data seputar pertandingan, kapan pun dan di mana pun melalui aplikasi resmi Bundesliga.

Bukan cuma menyajikan data-data umum semodel arena laga, susunan starter, dan nama pencetak gol, Bundesliga Match Facts menyelam lebih dalam dengan menyajikan statistik mahal seperti Expected Goals (XG) misalnya.

Memakai kacamata statistik Bundesliga Match Facts, fans, media, sampai pelaku langsung sepak bola bisa melihat laga dengan cara pandang yang berbeda. 

Selain Expected Goals, Bundesliga Match Facts juga menyajikan data seperti Attacking Zones (wilayah serangan) dan Most Pressed Player (pemain yang paling sering menerima pressing).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Skuad Bayern Muenchen 2020-2021, Sang Juara Bundesliga

Bundesliga Match Facts mencatat striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski musim lalu mencetak 41 gol.

Jumlah yang sangat banyak, lantaran menurut data statistik, Lewandowski seharusnya “hanya” mengemas 28,7 gol. Angka itu muncul dari statistik Expected Goals (XG) yang dirilis Bundesliga Match Facts.

Angka Expected Goals dihitung berdasarkan rata-rata nilai atau bobot sebuah peluang untuk menjadi gol.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.