Kompas.com - 08/08/2021, 19:33 WIB
Penyerang Barcelona asal Argentina Lionel Messi menangis pada awal konferensi pers di Stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 Agustus 2021. 
AFP/PAU BARRENAPenyerang Barcelona asal Argentina Lionel Messi menangis pada awal konferensi pers di Stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 Agustus 2021.

KOMPAS.com - Lionel Messi akhirnya mengucapkan salam perpisahan kepada Barcelona pada Minggu (8/8/2021). Kondisi keuangan Barca tak memungkinkan bagi mereka untuk mempertahankan Messi sekaligus mematuhi regulasi LaLiga.

Pada sesi konferensi pers khusus dari Camp Nou tersebut, Lionel Messi mengutarakan pihaknya dan Barcelona sudah "mencoba segala cara untuk melanjutkan kerja sama" termasuk dengan menerima pemangkasan gaji hingga 50 persen.

Messi bahkan pulang dari liburannya di Ibiza pada hari Kamis dengan keyakinan penuh kalau ia akan menandatangani kontrak baru dan bisa turun pada laga trofi Joan Gamper pada Ahad ini.

Akan tetapi, kondisi berubah 180 derajat dengan cepat.

Presiden Barcelona Joan Laporta sudah memberikan penjelasan terlebih dulu dua hari sebelum Lionel Messi menghadap ke media.

Ia mengutarakan mustahil bagi kubu Camp Nou untuk mempertahankan sang megabintang terkait dengan kondisi keuangan klub.

Baca juga: BREAKING NEWS - Lionel Messi Dikabarkan Sepakat Gabung PSG

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Pertanyaan yang adalah mungkinkah bagi Messi untuk tetap bermain di Barcelona tanpa digaji atau hanya dibayar dengan nominal simbolis?

Bisakah misalnya bagi Messi, bila ia memang benar-benar ingin, untuk tetap merumput bagi Barca tanpa menerima remunerasi dari klub yang telah ia bela sejak berusia 13 tahun tersebut?

Hal ini dijawab oleh kolumnis Guardian, Sid Lowe.

Pada dasarnya, klub tak bisa lagi mendaftarkan Messi ke registrasi pemain untuk musim 2021-2022 karena Barcelona sudah di jurang maut finansial.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.