Kompas.com - 27/07/2021, 08:01 WIB
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berbincang bersama dua pemainnya (Febri Hariyadi dan Esteban Vizcarra), dalam uji tanding menghadapi Porda Kota Bandung, di Stadion GBLA, Sabtu (5/6/2021). KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berbincang bersama dua pemainnya (Febri Hariyadi dan Esteban Vizcarra), dalam uji tanding menghadapi Porda Kota Bandung, di Stadion GBLA, Sabtu (5/6/2021).

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung membuka pintu bagi tim lain yang ingin meminang pemain mudanya dengan status pinjaman. Hal tersebut diungkapkan pelatih Persib, Robert Rene Alberts.

Pelatih asal Belanda itu mengatakan dirinya memang tak berniat melepas pemain dalam skuadnya saat ini secara permanen.

Akan tetapi, bila ada ketertarikan dari klub lain untuk meminjam pemain Persib, khususnya pemain muda, Alberts akan dengan senang hati untuk menjalin komunikasi dengan klub tersebut.

"Jika ada ketertarikan dari klub lain untuk meminjam pemain kami, tentunya kami membuka ruang untuk berdiskusi dengan klub tersebut," kata Alberts kepada wartawan, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Pelatih Persib Mulai Skeptis dengan Penyelenggaraan Liga 1 2021

Namun, dalam proses peminjaman pemain ke klub lain, Alberts juga tidak mau sembrono dalam mengambil keputusan.

Menurut dia, peminjaman pemain ke klub lain baru bisa dilakukan bila pemain yang bersangkutan juga tertarik untuk dipinjamkan. Bila pemain tersebut lebih memilih bertahan di Persib, Alberts tidak akan memaksakan pemain itu untuk pindah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Juga harus ada ketertarikan dari pemain itu sendiri untuk perkembangan dia. Kami juga tidak akan melepas pemain hingga pemain itu fit. Itu untuk masa depan dan normal di sepak bola," kata dia.

Meski begitu, Alberts tidak melihat adanya hal negatif dari proses peminjaman pemain ke klub lain. Sebab, cara tersebut lumrah dilakukan oleh klub-klub besar di Eropa dalam proses mengembangkan bakat dan talenta pemain muda yang dimiliki.

Baca juga: Ambisi Robert Alberts Bawa Persib Kembali Mentas di Kompetisi Asia

Peminjaman juga berpotensi membuat pemain untuk keluar dari zona nyaman. Menurut dia, ketika pemain muda sudah berada di zona nyaman, itu bisa menghambat proses perkembangannya.

Oleh karena itu, pindah dengan status pinjaman adalah solusi yang tepat untuk membuat pemain muda keluar dari zona nyaman agar bisa terus mengasah talentanya.

"Kadang itu bagus bagi pemain karena lingkungan Persib itu seperti zona nyaman. Bagus bagi pemain keluar dari zona nyaman dan meningkatkan kualitas diri di tempat lain. Jadi, ketika kembali ke Persib tentu memiliki peningkatan yang lebih dari mental dan kemampuan," tuturnya.

Dalam melepas pemain ke klub lain dengan status pinjaman, Alberts juga belum bisa memutuskan secara pasti. Sebab, dia masih menunggu regulasi pemain yang akan diterapkan di kompetisi.

Namun, Alberts menegaskan, Persib tidak pernah menutup pintu bagi tim lain yang ingin meminjam pemain muda Maung Bandung.

"Kami juga belum tahu karena liga belum dimulai, pendaftaran pemain juga belum dimulai, jadi kami ingin melihat lebih dulu hingga deadline pendaftaran pemain dan liga benar-benar dimulai. Kami tidak akan menutup pintu terlalu dini," ucap Alberts.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.