Mengenakan Baju Adat Bali, Rio Waida Akan Membawa Bendera Indonesia di Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 23/07/2021, 16:20 WIB
Surfer Indonesia berdarah Jepang, Rio Waida, menjadi pembawa bendera Merah Putih pada Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Komite Olimpiade IndonesiaSurfer Indonesia berdarah Jepang, Rio Waida, menjadi pembawa bendera Merah Putih pada Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

KOMPAS.com - Peselancar Indonesia, Rio Waida, mendapat kehormatan untuk membawa bendera Merah Putih pada Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium, Jumat (23/7/2021) malam waktu setempat.

Jepang sendiri sudah menjadi rumah kedua bagi Rio karena dia lahir di Negeri Samurai itu.

Rio Waida lahir di Saitama, 25 Januari 2000. Ayahnya Muhamad Zaini merupakan orang Indonesia, sedangkan sang ibu Kaoru Waida berasal dari Jepang.

Kedua orang tua Rio adalah peselancar dan sudah mengenalkan ombak sejak kecil kepadanya.

Ketika berusia lima tahun, Rio dan keluarganya memutuskan pindah ke Pulau Dewata yang membuatnya semakin akrab dengan ombak di laut.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Badminton Olimpiade Tokyo, Greysia/Apriyani Pertama, Marcus/Kevin Debut

Hal tersebut menjadi pemantik Rio untuk berselencar dan pada akhirnya menjadi salah satu atlet tampil untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Surfer berusia 21 tahun itu akan menjadi salah satu bagian dari Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Mendapat kehormatan tersebut, Rio mengaku tak sabar dan begitu bangga mewakili kontingen Indonesia di Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020.

"Ini tidak pernah saya bayangkan, bisa tampil di Olimpiade. Nanti malam, saya akan menjadi flag bearer. Saya akan berdiri paling depan membawa bendera Merah Putih, mewakili Kontingen Indonesia. Saya tidak sabar," kata Rio dalam rilis yang terima Kompas.com.

Baca juga: 125 Tahun Tak Berubah, Moto Olimpiade Kini Bertambah

"Bisa mewakili Indonesia di Olimpiade dan membawa bendera Merah Putih adalah kehormatan bagi saya dan tentunya ini momentum untuk memperkenalkan surfing agar bisa lebih dikenal di Indonesia," ungkapnya.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.