Kompas.com - 22/07/2021, 07:40 WIB
Obor Olimpiade diarak pada acara penyerahan api Olimpiade untuk Olimpiade Tokyo 2020 pada 19 Maret 2020. Seremoni diadakan tanpa penonton sebagai langkah pencegahan dari penyebaran virus corona. AFP/ARIS MESSINISObor Olimpiade diarak pada acara penyerahan api Olimpiade untuk Olimpiade Tokyo 2020 pada 19 Maret 2020. Seremoni diadakan tanpa penonton sebagai langkah pencegahan dari penyebaran virus corona.

KOMPAS.com - Olimpiade Tokyo 2020 yang sempat tertunda selama satu tahun akibat Covid-19 akan segera berlangsung, tepatnya dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Opening Ceremony atau Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 dijadwalkan berlangsung di Olympic Stadium atau Stadion Nasional Jepang, Jumat (23/7/2021), pukul 18.00 WIB.

Pembukaan pesta olahraga empat tahunan itu mengusung tema "United by Emotion" yang berkaitan dengan fakta bahwa Olimpiade Tokyo 2020 diselenggarakan di tengah pandemi virus corona.

Lewat tema tersebut, Olimpiade Tokyo 2020 diharapkan bisa menjadi pemersatu publik dunia untuk bangkit dan merasakan kegembiraan di tengah situasi sulit menghadapi Covid-19.

Baca juga: Jadwal Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020, Siapa Pembawa Bendera Indonesia?

Karena diselenggarakan di tengah pandemi virus corona, pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 pun akan berlangsung tanpa penonton.

Melansir Time, hanya ada sekitar 10.000 tamu undangan yang hadir pada Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 termasuk para diplomat hingga anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun Indonesia akan memulai perjuangannya di Olimpiade lewat cabang olahraga (cabor) angkat besi, bulu tangkis, menembak, panahan, dan rowing (dayung).

Kelima cabor tersebut akan bergulir satu hari setelah pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, tepatnya pada Sabtu (24/7/2021) pagi WIB.

Menyesuaikan jadwal pertandingan para atletnya, Indonesia hanya mengirim defile berjumlah 10 orang pada seremoni pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Jadwal Sepak Bola Olimpiade Tokyo, Hari Ini Ada Brasil Vs Jerman

Adapun empat atlet yang termasuk dalam defile Indonesia adalah Nuruk Akmal (angkat besi), Aflah Fadlan Prawira (renang), Azzahra Permatahani (renang), dan Rio Waida (selancar).

Rio Waida dan Nurul Akmal menjadi atlet yang ditugaskan untuk membawa bendera Indonesia pada parade kontingen negara peserta di Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020.

Berikut daftar defile Indonesia pada pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 yang dilansir dari BolaSport:

1. Rosan P Roeslani (Chef de Mission/CdM)
2. Nurul Akmal (atlet angkat besi)
3. Aflah Fadlan Prawira (atlet renang)
4. Azzahra Permatahani (atlet renang)
5. Rio Waida (atlet surfing)
6. Dirdja Wihardja (pelatih angkat besi)
7. Rionny Mainaky (pelatih bulu tangkis)
8. Permadi Sandra Wibowo (pelatih panahan)
9. Donny Budiarto Utomo (pelatih renang)
10. Tipi Jabrik Noventin (pelatih surfing)

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X