Olimpiade Tokyo 2020: Timnas Jerman Tinggalkan Lapangan karena Hinaan Rasial

Kompas.com - 18/07/2021, 18:40 WIB
Bek Herta Berlin, Jordan Torunarigha, dalam pertandingan melawan SC Freiburg di Bundesliga pada 16 Juni 2020. AFP/TOM WELLERBek Herta Berlin, Jordan Torunarigha, dalam pertandingan melawan SC Freiburg di Bundesliga pada 16 Juni 2020.

KOMPAS.com - Tim nasional Jerman meninggalkan pertandingan uji coba melawan Honduras karena salah satu pemainnya menerima hinaan bernada rasial.

Timnas U23 Jerman menggelar laga uji coba kontra Honduras menjelang Olimpiade Tokyo 2020 pada di Wakayama, Jepang, Sabtu (17/7/2021) siang waktu setempat.

Pertandingan tersebut digelar sebagai persiapan terakhir sebelum kedua tim bertanding pada Olimpiade mulai Kamis pekan depan. 

Honduras yang berada di Grup B akan melawan Romania, sedangkan Jerman menantang Brasil pada laga Grup D.

Baca juga: Pembagian Grup dan Jadwal Lengkap Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

Pada pertandingan uji coba, timnas Honduras membuka keunggulan berkat Douglas Martinez pada menit ke-21.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Timnas Jerman baru bisa menyamakan kedudukan enam menit menjelang laga tuntas via Felix Uduokhai. Namun, tak lama setelah itu, para pemain Jerman memilih keluar lapangan dan mengakhiri pertandingan. 

Lewat media sosial resminya, Federasi Sepak Bola Jerman mengungkapkan bahwa keputusan itu dibuat setelah bek mereka, Jordan Torunarigha, mendapat ejekan bernada rasial.

"Pertandingan telah berakhir 5 menit lebih awal dengan skor 1-1. Para pemain Jerman meninggalkan lapangan setelah Jordan Torunarigha dilecehkan secara rasial," bunyi pernyataan Federasi Sepak Bola Jerman, seperti dilansir dari ESPN

"Jika salah satu pemain kami mendapat hinaan secara rasial, itu bukan pilihan bagi kami untuk terus bermain," ujar pelatih timnas Jerman, Stefan Kuntz.

"Dia sangat kesal. Jordan mengatakan, dia berulang kali dilecehkan secara rasial. Ini jelas melanggar nilai-nilai kami dan tim tidak bisa menoleransinya. Kami akan melindungi pemain kami," tutur Stefan Kuntz.

Halaman:
Baca tentang


Sumber ESPN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.