Kompas.com - 17/07/2021, 15:00 WIB
Bek Italia Giorgio Chiellini (tengah) mengangkat trofi Kejuaraan Eropa selama presentasi setelah Italia memenangkan pertandingan sepak bola final UEFA EURO 2020 antara Italia dan Inggris di Stadion Wembley di London pada 11 Juli 2021 JOHN SIBLEYBek Italia Giorgio Chiellini (tengah) mengangkat trofi Kejuaraan Eropa selama presentasi setelah Italia memenangkan pertandingan sepak bola final UEFA EURO 2020 antara Italia dan Inggris di Stadion Wembley di London pada 11 Juli 2021

KOMPAS.com - Tim nasional Italia mendapat gelar kehormatan usai menjadi juara Piala Eropa atau Euro 2020.

Gli Azzurri, julukan timnas Italia, memenangi Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris pada final yang digelar di Stadion Wembley, Minggu (11/7/2021) waktu setempat.

Kepastian Italia menjadi juara didapat usai unggul 3-2 pada babak adu penalti. Babak adu penalti digelar setelah Italia dan Inggris bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Euro 2020 merupakan gelar Piala Eropa kedua timnas Italia. Titel pertama Piala Eropa diraih Gli Azzurri pada 1968.

Baca juga: Roberto Mancini Sebut Satu Negara Eropa yang Bisa Jadi Kandidat Juara Piala Dunia 2022

Termasuk dua trofi Euro di atas, timnas Italia kini sudah mengoleksi 6 gelar internasional. Sebanyak empat lainnya diraih di ajang Piala Dunia pada 1934, 1938, 1982, dan 2006.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keberhasilan Gli Azzurri di Euro 2020 mendapat apresiasi dari Presiden Italia, Sergio Mattarella.

Sergio Matterella memberikan gelar kehormatan bernama Ordine al Merito della Repubblica Italiana kepada seluruh anggota timnas Italia.

Hal tersebut diumumkan melalui situs resmi Kepresidenan Italia pada Jumat (16/7/2021).

Baca juga: Italia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Euro 2028 atau Piala Dunia 2030

Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Gabriele Gravina, pelatih Roberto Mancini, manajer tim Gabriele Oriali, dan kepala delegasi Gianluca Vialli menerima gelar Grande Ufficiale.

Sementara itu, para pemain termasuk kapten Giorgio Chiellini diberi gelar Cavaliere yang artinya ksatria.

Melansir Football Italia, ada lima derajat dalam gelar kehormatan Italia, yakni Cavaliere, Ufficale, Commendatore, Grande Ufficiale, Cavaliere di Gran Croce, dan Cavaliere di Gran Croce con Cordone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.