Baru Melatih Lagi di Serie A, Thiago Motta Tak Bisa Beli Pemain Selama 4 Bursa Transfer

Kompas.com - 16/07/2021, 18:56 WIB
Thiago Motta jelang laga Juventus vs Genoa, 30 Oktober 2019. AFP/MARCO BERTORELLOThiago Motta jelang laga Juventus vs Genoa, 30 Oktober 2019.

KOMPAS.com - Baru juga ditunjuk sebagai pelatih klub Serie A Spezia, Thiago Motta mendapat kabar tidak mengenakkan. Mantan gelandang yang antara lain pernah memperkuat Barcelona, Atletico Madrid, dan Inter Milan tersebut tak boleh membeli pemain selama dua tahun.

Thiago Motta baru kembali melatih sejak ia dipecat Genoa pada akhir Desember 2019 dengan klubnya ketika itu berada di dasar Serie A.

Namun, comeback pemain naturalisasi Italia tersebut langsung pahit.

FIFA menjatuhkan hukuman kepada Spezia pada Jumat ini karena klub tersebut dianggap bersalah telah melanggar peraturan transfer saat merekrut pemain-pemain di bawah umur 18 tahun dari Nigeria.

"Klub mendatangkan beberapa pemain di bawah umur dari Nigeria dengan menggunakan skema yang bertujuan untuk mengakali regulasi dan juga hukum imigrasi nasional,' tutur pernyataan FIFA.

Baca juga: Mengapa Serie A Melarang Tim Pesertanya Pakai Kostum Warna Hijau?

Selain menjatuhkan denda 500.000 franc Swiss atau Rp7 miliar, kubu Liga Italia itu juga dilarang mendatangkan pemain baru selama empat periode registrasi pemain ke depan.

Spezia setidaknya mempunyai ruang untuk melayangkan banding.

Thiago Motta hanya memenangi dua dari 10 pertandingan saat menukangi Genoa antara 22 Oktober dan 28 Desember 2019.

Spezia finis peringkat ke-15 di Serie A musim lalu dan berhasil mengalahkan AC Milan 2-0 pada Februari.

Thiago Motta satu angkatan dengan mantan pelatih Juventus, Andrea Pirlo, saat mengambil lisensi UEFA B dan UEFA A di Coverciano pada Juni 2018.

Baca juga: AC Milan, Tamu Paling Tidak Sopan di Liga Italia 2020-2021

Pemenang treble bersama Inter pada 2010 dan runners up Piala Eropa 2012 bersama timnas Italia ini juga kembali seangkatan dengan Pirlo saat mengambil UEFA Pro Master pada September 2019.

Tak hanya itu, Motta menjadi pelatih terbaik di angkatannya, mengalahkan Andria Pirlo.

Beberapa nama beken lain yang menyelesaikan lisensi UEFA Pro Master pada tahun sama dengan Motta dan Pirlo ada Cristian Chivu, Morgan De Sanctis, Paolo Montero, Roberto Muzzi, dan Lucan Toni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.