Kompas.com - 14/07/2021, 07:00 WIB
Atlet panjat tebing Indonesia Nurul Iqamah (kanan) bertanding melawan atlet China, Tian Pei Yang saat final di ajang panjat tebing Asian Championships 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019). Nurul Iqamah berhasil meraih medali emas. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOAtlet panjat tebing Indonesia Nurul Iqamah (kanan) bertanding melawan atlet China, Tian Pei Yang saat final di ajang panjat tebing Asian Championships 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019). Nurul Iqamah berhasil meraih medali emas.

KOMPAS.com - Olimpiade Tokyo 2020 tak lama lagi segera digelar. Pesta olahraga multicabang terbesar di dunia ini akan mulai dilaksanakan pada 23 Juli sampai 8 Agustus 2021 mendatang.

Olimpiade Musim Panas edisi ke-32 ini sebetulnya dihelat pada tahun 2020. Akan tetapi, event mengalami pergeseran akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Daftar 28 Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Bulu Tangkis Terbanyak

Meski dihelat pada tahun 2021, nama yang digunakan tetap Olimpiade Tokyo 2020.

Sebanyak 46 cabang olahraga hadir di Olimpiade Tokyo 2020, dan lima cabor baru akan dipertandingkan.

Cabang olahraga baru terpilih merupakan cabor-cabor yang ditujukan untuk menarik perhatian para pemuda dan mencerminkan tren urbanisasi olahraga.

Berikut lima cabang olahraga baru di Olimpiade Tokyo 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Karate

Karateka putra Indonesia, Rifky Arrosyid bertarung melawan Karateka asal Brunei, Zainal Ak Muhd Abdul di kelas 60 kg di World Trade Center, Manila, Filipina, Minggu (8/12/2019). Rifky Arrosyid berhasil meraih medali perak.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Karateka putra Indonesia, Rifky Arrosyid bertarung melawan Karateka asal Brunei, Zainal Ak Muhd Abdul di kelas 60 kg di World Trade Center, Manila, Filipina, Minggu (8/12/2019). Rifky Arrosyid berhasil meraih medali perak.
Karate berasal dari Pulau Okinawa di Jepang. Ada dua disiplin karate yang dipertandingkan di Tokyo, yakni kata dan kumite.

Kata yang berarti bentuk atau model adalah disiplin tunggal, di mana para pesaing (karateka) dinilai berdasarkan serangkaian gerakan ofensif dan defensif yang telah disetujui sebelumnya.

Kumite adalah disiplin tempur dengan melihat karateka saling berhadapan dalam pertarungan tiga menit.

Baca juga: 1988, Kali Pertama Ada Satu Nama Peraih Juara Tunggal Putri Wimbledon dan Olimpiade

Ada tiga kelas berat dan mereka diberikan poin untuk teknik yang digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber BBC Sport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.