Italia 53 Tahun Menanti, Mancini Spesialis Penuntas Dahaga Trofi

Kompas.com - 13/07/2021, 21:40 WIB
ROMA, ITALIA - Dalam foto yang disediakan oleh UEFA ini, pelatih timnas Italia, Roberto Mancini,berbicara kepada media pada sesi konferensi pers jelang laga Grup A Euro 2020 antara Italia kontra Swiss di Stadion Olimpico, 15 Juni 2021. ©UEFAROMA, ITALIA - Dalam foto yang disediakan oleh UEFA ini, pelatih timnas Italia, Roberto Mancini,berbicara kepada media pada sesi konferensi pers jelang laga Grup A Euro 2020 antara Italia kontra Swiss di Stadion Olimpico, 15 Juni 2021.
|

KOMPAS.com - Roberto Mancini sukses menuntaskan dahaga trofi Euro Italia selama 53 tahun. Soal mengakhiri dahaga trofi, ia sudah melakukannya berkali-kali.

Italia asuhan Roberto Mancini sukses menjuarai Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris 3-2 via adu penalti pada laga final di Stadion Wembley, Minggu (11/7/2021) waktu setempat.

Partai final Euro 2020 mesti ditentukan lewat adu penalti lantaran kedua kesebelasan berbagi skor sama kuat 1-1 selama 120 menit bertanding.

Inggris unggul cepat melalui sepakan keren Luke Shaw kala laga baru berdurasi 1 menit 56 detik. Italia lantas bereaksi dan dominasi mereka berujung kepada terciptanya gol Leonardo Bonucci pada menit ke-67.

Gelar juara Euro 2020 menjadi penghiburan luar biasa bagi publik Italia. Soalnya, penikmat sepak bola di Negeri Piza terakhir kali merayakannya pada 1968.

Baca juga: Anak Roberto Mancini Jadi Korban Aksi Anarkistis Fans Timnas Inggris

Artinya, Roberto Mancini dan pasukannya sukses menuntaskan dahaga trofi Euro selama 53 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bicara soal mengakhiri periode panjang dahaga trofi, Mancini adalah jagonya. Di sepanjang kariernya sebagai pemain dan pelatih, pria kelahiran Jesi itu sudah melakukannya berulangkali.

Pertama adalah saat dirinya berkostum Sampdoria. Mancini menjadi salah satu aktor utama keberhasilan Blucerchiati, julukan Sampdoria, menjuarai Liga Italia 1990-1991.

Saat itu usia klub Sampdoria 45 tahun. Gelar pada 1990-1991 sampai kini masih menjadi satu-satunya titel scudetto milik Blucerchiati.

Setelah itu, Mancini juga berperan krusial mengakhiri dahaga trofi panjang Lazio, klub yang dibelanya pada rentang 1997-2001.

Baca juga: Kata-kata Sakti Mancini di Ruang Ganti yang Bawa Italia Juara Euro 2020

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.