Saka Ambil Penalti, Mourinho Curiga Ada yang Lari dari Tanggung Jawab

Kompas.com - 12/07/2021, 21:00 WIB
Reaksi pemain Inggris saat adu penalti di penghujung pertandingan final Euro 2020 antara Inggris dan Italia di stadion Wembley, London, Minggu, 11 Juli 2021. Italia mengalahkan Inggris 3-2 dalam adu penalti setelah pertandingan berakhir di hasil imbang 1-1. CARL RECINE/POOL PHOTO VIA APReaksi pemain Inggris saat adu penalti di penghujung pertandingan final Euro 2020 antara Inggris dan Italia di stadion Wembley, London, Minggu, 11 Juli 2021. Italia mengalahkan Inggris 3-2 dalam adu penalti setelah pertandingan berakhir di hasil imbang 1-1.

KOMPAS.com - Pelatih kawakan asal Portugal, Jose Mourinho, turut berkomentar soal pemilihan pemain muda timnas Inggris, Bukayo Saka, sebagai algojo penalti pada final Euro 2020 kontra Italia.

Partai puncak Euro 2020 antara Inggris dan Italia yang berlangsung di Stadion Wembley, London, pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB itu harus ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan waktu usai.

Adapun satu gol untuk timnas Inggris dicetak oleh bek kiri Manchester United, Luke Shaw, kala laga baru berjalan 1 menit 57 detik.

Sementara itu, gol penyeimbang yang dicetak Italia tercipta melalui aksi bek Juventus Leonardo Bonucci pada menit ke-67.

Baca juga: Skor 1-1 Bertahan, Final Euro 2020 Italia Vs Inggris Ditentukan via Adu Penalti

Kedua tim kemudian tak mampu mencetak gol tambahan hingga waktu normal dan extra time usai. Laga pun harus berlanjut ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti inilah pelatih Inggris, Gareth Southgate, mengambil keputusan yang mengundang pertanyaan banyak pihak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menunjuk pemain 19 tahun milik Arsenal, Bukayo Saka, untuk menjadi penendang kelima dalam adu penalti kontra Italia.

Selama waktu normal, Saka yang datang dari bangku cadangan masuk pada menit ke-70, menggantikan Kieran Trippier.

Baca juga: Kisah Bukayo Saka Lebih Pilih Bela Timnas Inggris Ketimbang Nigeria

Di samping itu, Southgate juga menunjuk Marcus Rashford dan Jadon Sancho yang baru masuk pada pengujung extra time, tepatnya menit ke-120. Mereka masuk menggantikan Jordan Henderson dan Kyle Walker.

Pemilihan ketiga pemain tersebut mungkin tak akan menjadi masalah jika mereka mampu menjalankan tugas dengan baik saat adu penalti.

Halaman:
Baca tentang


Sumber GOAL
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.