Kiper Legenda Indonesia Sebut Donnarumma Bakal Jadi Pemain Kunci di Final Euro 2020

Kompas.com - 10/07/2021, 18:40 WIB
(Kiri ke kanan) bek Italia Leonardo Bonucci, penyerang Spanyol Alvaro Morata, dan penjaga gawang Italia Gianluigi Donnarumma berebut bola dalam pertandingan semifinal Euro 2020 antara Italia dan Spanyol di Stadion Wembley di London pada 6 Juli 2021. FRANK AUGSTEIN(Kiri ke kanan) bek Italia Leonardo Bonucci, penyerang Spanyol Alvaro Morata, dan penjaga gawang Italia Gianluigi Donnarumma berebut bola dalam pertandingan semifinal Euro 2020 antara Italia dan Spanyol di Stadion Wembley di London pada 6 Juli 2021.

KOMPAS.com - Kiper legenda Indonesia Kurnia Sandy menjagokan Italia sebagai juara Euro 2020.

Pengalamannya empat tahun berkarir di Liga Serie A bersama Sampdoria membuatnya tahu betul bagaimana karakter pesepak bola Italia. 

“Karakter latihannya sudah beda, karena trend sepak bola tahun 90an beda sekali dengan sekarang. Mungkin kedisiplinan dan totalitas saja yang sama karena karakter mereka seperti itu,” ujar pelatih kiper Timnas Putri Indonesia kepada Kompas.com.

Italia masih setia dengan filosofi pertahanan catenaccio. Namun kini filosofi pertahan tersebut sudah dimodifikasi dengan gaya menyerang agresif dan terbuka khas Roberto Mancini.

Baca juga: Izin Sakit padahal Nonton Euro 2020, Penggemar Inggris Dipecat dari Pekerjaannya

Kurnia Sandy melihat pertahanan absolut yang diperagakan Gli Azzurri tidak lepas dari performa paripurna yang ditunjukan kiper Gianluigi Donnarumma.

Dia melihat kiper 22 tahun tersebut menjadi pemain yang membuat pertahanan Italia kian sulit ditembus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Terbukti dari babak penyisihan Donnarumma selalu clean sheet dalam setiap pertandingannya. Penampilan Donnarumma di babak semifinal vs Spanyol kembali membuktikan kualitasnya dengan beberapa kali melakukan save,” tutur pelatih kiper berusia 45 tahun.

“Dia juga menjadi penentu kemenangan setelah memblok penalti terakhir sehingga italia lolos ke final,” imbuhnya.

Striker Spanyol Alvaro Morata (putih) saat menembak dan gagal dalam adu penalti pada pertandingan semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol di Stadion Wembley London pada 6 Juli 2021.AFP/FACUNDO ARRIZABALAGA Striker Spanyol Alvaro Morata (putih) saat menembak dan gagal dalam adu penalti pada pertandingan semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol di Stadion Wembley London pada 6 Juli 2021.

Sejauh ini Gianluigi Donnarumma menjadi salah satu kiper dengan jumlah gol paling sedikit. Dari fase grup sampai semifinal kiper yang terakhir membela AC Milan tersebut cuma kebobolan 3 gol dalam pertandingan waktu normal. Masing-masing satu gol dari Austria, Belgia dan Spanyol.

Selain itu keberhasilannya menghalau eksekusi Alvaro Morata di adu penalti melawan Spanyol menjadikannya pahlawan yang mengantarkan Italia ke partai Final .

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.