Sterling dan Southgate Buka Suara soal Kontroversi Penalti Inggris

Kompas.com - 08/07/2021, 08:36 WIB
Pemain Inggris Raheem Sterling (tengah) terjatuh yang berujung pada pemberian penalti pada laga semifinal Euro 2020 antara Inggris vs Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021. AFP/LAURENCE GRIFFITHSPemain Inggris Raheem Sterling (tengah) terjatuh yang berujung pada pemberian penalti pada laga semifinal Euro 2020 antara Inggris vs Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021.
|

KOMPAS.com - Timnas Inggris berhasil menembus final Euro 2020 setelah mengalahkan Denmark 2-1 pada laga semifinal, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.

Salah satu yang menyita perhatian dari laga Inggris vs Denmark di Stadion Wembley itu adalah hadiah penalti yang didapat The Three Lions dari wasit Danny Makkelie (Belanda) pada perpanjangan waktu.

Sebelumnya, Inggris tertinggal lebih dulu dari Denmark usai Mikkel Damsgaard membobol gawang Jordan Pickford pada menit ke-30.

Inggris lalu bisa menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Simon Kjaer pada menit ke-39 sehingga skor pun menjadi sama kuat 1-1.

Baca juga: Hasil Euro 2020 - Redam Ledakan Dinamit, Inggris Jumpa Italia di Final

Kedudukan itu bertahan hingga waktu normal berakhir dan laga pun mesti dilanjutkan ke extra time.

Saat perpanjangan waktu, menit ke-102, Inggris mendapat hadiah penalti dari wasit Danny Makkelie setelah Raheem Sterling dianggap dijatuhkan Joakim Maehle.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para pemain Denmark sempat memprotes hal itu, tetapi wasit tetap kukuh dengan keputusannya.

Harry Kane lalu menjadi eksekutor penalti. Sepakan 12 pas sang striker ke arah kanan dapat ditepis Schmeichel, tetapi bola rebound mengarah ke dia lagi dan sepakan keduanya berhasil menjebol gawang Denmark.

Timnas Inggris pun unggul 2-1 atas Denmark dan skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Baca juga: Top Skor Euro 2020 - Harry Kane Makin Ancam Takhta Ronaldo di Puncak

Hadiah penalti itu pun menjadi kontroversi dan perbincangan terkait diving atau tidaknya Sterling saat terjatuh di kotak 12 pas Denmark. 

Halaman:
Baca tentang


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.