7 Calon Peraih Gelar Ganda Eropa Setelah Euro 2020, Siapa Susul Ronaldo?

Kompas.com - 04/07/2021, 20:20 WIB
Gelandang Italia Jorginho (kiri) merayakan dengan penyerang Italia Lorenzo Insigne (tengah) dan bek Italia Emerson setelah membuka skor pada UEFA Nations League A, pertandingan sepak bola Grup 1 Italia vs Polandia pada 15 November 2020 di stadion Mapei di Reggio Emilia. (Photo by MIGUEL MEDINA / AFP) AFP/MIGUEL MEDINAGelandang Italia Jorginho (kiri) merayakan dengan penyerang Italia Lorenzo Insigne (tengah) dan bek Italia Emerson setelah membuka skor pada UEFA Nations League A, pertandingan sepak bola Grup 1 Italia vs Polandia pada 15 November 2020 di stadion Mapei di Reggio Emilia. (Photo by MIGUEL MEDINA / AFP)

KOMPAS.com - Sebanyak tujuh pemain berpeluang menyusul Cristiano Ronaldo sebagai salah satu peraih gelar ganda Eropa atau pemegang Liga Champions dan Euro pada tahun yang sama.

Cristiano Ronaldo mengukir pencapaian tersebut pada 2016, ketika berhasil menjuarai Liga Champions bersama Real Madrid dan Euro bersama timnas Portugal.

Kala itu, Cristiano Ronaldo meraih gelar ganda Eropa bersama rekan setimnya, Pepe.

Ronaldo dan Pepe kemudian menjadi dua pemain terakhir yang mampu meraih gelar ganda Eropa.

Baca juga: Top Skor Euro 2020 - Harry Kane, Sterling, dan Dolberg Ancam Ronaldo

Sebelumnya, hanya ada tujuh pemain yang pernah mengukir pencapaian serupa.

Pertama, ada gelandang legendaris Spanyol, Luis Suarez, yang mampu menjuarai Liga Champions (ketika masih bernama Piala Champions) dan Euro edisi 1964.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Luis Suarez meraih gelar ganda itu bersama Inter Milan dan timnas Spanyol.

Selanjutnya, tren gelar ganda Eropa dihidupkan kembali oleh empat pemain timnas Belanda, Hans van Breukelen, Ronald Koeman, Berry van Aerle, dan Gerald Vanenburg.

Baca juga: Magis Jersey Putih di Babak Knockout Euro 2020

Mereka berhasil menjuarai Piala Champions 1988 bersama PSV Eindhoven dan membawa timnas Belanda meraih gelar Euro pada tahun yang sama.

Berselang 24 tahun kemudian, Fernando Torres dan Juan Mata yang ketika itu bermain untuk Chelsea dan timnas Spanyol berhasil meraih gelar ganda Eropa setelah menjuarai Liga Champions serta Euro 2012.

Halaman:
Baca tentang


Sumber UEFA
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.