INFOGRAFIS: Bagan Perempat Final, Spanyol Lolos dan Perancis Susul Belanda "Go Home"

Kompas.com - 29/06/2021, 08:02 WIB
Trofi Piala Eropa dipamerkan dalam peluncuran logo Euro 2020 Amsterdam. Berikut ini jadwal lengkap Euro 2020.
KOEN VAN WEEL/AFPTrofi Piala Eropa dipamerkan dalam peluncuran logo Euro 2020 Amsterdam. Berikut ini jadwal lengkap Euro 2020.

KOMPAS.com - Kejutan kembali terjadi pada babak 16 besar Euro 2020 alias Piala Eropa 2020. Raksasa sepak bola Eropa, Perancis, tersingkir.

Artinya, sudah dua tim favorit yang harus angkat koper dari turnamen antarnegara Eropa ini. Sebelumnya, Belanda pun pulang kampung karena kalah 0-2 dari Ceko.

Perancis, yang digadang-gadang bisa mengulangi kesuksesan menjadi juara Euro pada 1984 dan 2000, di luar dugaan kalah dari Swiss pada Selasa (29/6/2021) dini hari WIB.

Baca juga: Top Skor Euro 2020, Benzema Susul Ronaldo Tutup Keran Gol

Les Bleus, julukan timnas Perancis, sempat unggul 3-1 meski sempat tertinggal oleh gol Haris Seferovic pada menit ke-15. Dua gol Karim Benzema (57'dan 59') serta torehan Paul Pogba (75') membuat Perancis di atas angin.

Namun, keunggulan tersebut sirna setelah Haris Seferovic kembali membobol gawang Perancis pada menit ke-81, disusul gol Mario Gavranovic pada menit ke-90.

Alhasil, pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu karena skor imbang 3-3. Tak ada gol yang tercipta selama 2x15 menit extra time, sehingga pemenang laga ditentukan lewat adu penalti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam drama ini, Swiss lebih perkasa. Lima eksekutornya mampu menjebol gawang Perancis sedangkan bintang muda Les Bleus, Kylian Mbappe, gagal mencetak gol saat menjadi penendang kelima Perancis.

Dengan demikian, Swiss menang 5-4 lewat adu penalti sehingga berhak lolos ke babak delapan besar alias perempat final Euro 2020. Mereka bertemu sang favorit juara, Spanyol.

La Furia Roja, julukan Spanyol, lebih dulu menyegel tiket delapan besar setelah menyingkirkan Kroasia melalui pertarungan sengit yang dihiasi drama delapan gol. El Matador menang 5-3.

Spanyol, juara Euro 1964, 2008 dan 2012, sempat tertinggal oleh gol bunuh diri Pedri pada menit ke-20.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.