Martin Dubravka dan Barisan Pencetak Gol Bunuh Diri di Piala Eropa

Kompas.com - 24/06/2021, 00:00 WIB
Gol bunuh diri kiper Slovakia Martin Dubravka membawa Timnas Spanyol unggul 1-0 pada laga Grup E Euro 2020, Rabu (23/6/2021) malam WIB. AFP/JAVIER SORIANOGol bunuh diri kiper Slovakia Martin Dubravka membawa Timnas Spanyol unggul 1-0 pada laga Grup E Euro 2020, Rabu (23/6/2021) malam WIB.

KOMPAS.com - Gol bunuh diri kiper Slovakia Martin Dubravka membawa Timnas Spanyol unggul 1-0 pada laga Grup E Euro 2020, Rabu (23/6/2021) malam WIB.

Martin Dubravka sebenarnya sempat menjadi pahlawan dengan menggagalkan penalti Alvaro Morata pada babak pertama.

Namun, tak berapa lama setelah aksi brilian tersebut, sang penjaga gawang menampar bola yang jatuh dari langit ke dalam gawangnya sendiri.

Gol tersebut adalah bunuh diri yang ketujuh sepanjang turnamen Euro 2020 ini sejak bek Merih Demiral membukukan own goal pada laga pembuka saat Turki kalah 0-3 lawan Italia.

Sementara, Martin Dubravka merupakan kiper ketiga yang membukukan gol di turnamen setelah Wojciech Szczesny (Polandia) dan Lukas Hradecky (Finlandia).

Opta mencatat, tujuh gol bunuh diri sepanjang Euro 2020 ini mengalahkan jumlah gol bunuh diri yang terjadi di Euro 2000 (1 gol bunuh diri), Euro 2004 (2), Euro 2008 (0), dan Euro 2016 (3) digabung.

Bahkan, jumlah gol bunuh diri di turnamen ini hampir mencakup setengah dari jumlah gol bunuh diri yang dicetak sepanjang sejarah pagelaran Piala Eropa, yakni 16 gol.

Sementara, gol bunuh diri Ruben Dias dan Raphael Guerreiro bagi timnas Portugal saat menghadapi Jerman merupakan kali pertama dan satu-satunya suatu tim mencetak dua gol bunuh diri dalam satu laga Piala Eropa.

Gol bunuh diri pertama di Piala Eropa dicatatkan oleh Anton Ondrus (Cekoslovakia) pada laga Euro 1976 kontra Belanda.

Menariknya, delapan gol bunuh diri terakhir di Piala Eropa berujung ke kekalahan tim yang kebobolan.

Terakhir kali suatu tim mencetak gol bunuh diri Piala Eropa dan masih menang adalah timnas Inggris di Euro 2012.

Ketika itu Glen Johnson bikin own goal pada menit ke-48 tetapi Three Lions berhasil menang 3-2 lawan Swedia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X