Kompas.com - 19/06/2021, 11:31 WIB
Bintang muda Timnas Skotlandia Billy Gilmour terpilih sebagai Man of the Match alias Pemain Terbaik laga Inggris vs Skotlandia pada Sabtu (19/6/2021) dini hari WIB. AFP/FACUNDO ARRIZABALAGABintang muda Timnas Skotlandia Billy Gilmour terpilih sebagai Man of the Match alias Pemain Terbaik laga Inggris vs Skotlandia pada Sabtu (19/6/2021) dini hari WIB.
|

KOMPAS.COM - Gelandang tim nasional Skotlandia Billy Gilmour dinobatkan sebagai Man of the Match atau pemain terbaik versi UEFA saat timnya melakoni laga lanjutan Grup D Euro 2020 melawan Inggris yang berakhir imbang 0-0 di Wembley, London, Jumat (18/6/2021) atau Sabtu dini hari WIB.

Melakoni penampilan debutnya di turnamen bergengsi, Gilmour tanpa lelah berlari di hampir seluruh sudut lapangan untuk menghentikan banyak serangan Inggris.

Dia hanya bermain selama 76 menit sebelum digantikan oleh Stuart Armstrong.

Penampilan gigih Gilmour bahkan mengundang pujian dari bek Belanda Patrick van Aanholt.

Menurut Van Aanholt, penampilan Gilmour mirip dengan gelandang Perancis sekaligus senior Gilmour di Chelsea, N'Golo Kante.

Baca juga: Profil Billy Gilmour, Bakat Muda Skotlandia yang Mencuat di Euro 2020

"Penampilan bagus Skotlandia, permainan padu mereka amat berbeda. Billy Gilmour pada dasarnya adalah N'Golo Kante," cuit Van Aanholt melalui akun Twitter pribadinya, @pvanaanholt.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Komentar Van Aanholt tentu tidak lepas dari pengalamannya bertemu Gilmour saat Belanda diimbangi Skotlandia 2-2 dalam laga pemanasan jelang Euro 2020.

Penampilan Gilmour juga tidak luput dari perhatian para seniornya di skuad Skotlandia, seperti Callum McGregor dan kapten Andy Robertson, yang sangat memuji aksi gelandang berusia 20 tahun itu.

"Dia sangat luar biasa. Untuk seorang pemuda datang ke kondisi semacam ini dan berani menerima bola, nyaman mengendalikannya, pengetahuan dan intelejensianya sangat fantastis. Dia akan terus meningkat dan semakin lebih baik lagi," kata McGregor dilansir laman resmi UEFA.

Sedangkan Robertson menyebut Gilmour siap membukukan jumlah penampilan sebanyak yang ia mau untuk Skotlandia. Bek Liverpool itu juga mengatakan sempat berbincang di siang hari sebelum pertandingan kontra Inggris.

"Dia dari kelas yang berbeda. Saya berbicara dengannya di hotel siang tadi untuk memastikan perasaannya. Selepas obrolan saya malah merasa dapat suntikan kepercayaan diri," katanya.

"Dia pemain top dan karakter yang baik, masa depannya sangat cerah. Dia bisa tampil di Skotlandia sebanyak yang dia mau," tutup Robertson.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X