Persebaya dan Bonek Berduka, Pencipta Ikon ‘Wong Mangap’ Berpulang

Kompas.com - 15/06/2021, 15:00 WIB
Aksi Bonek, suporter Persebaya Surabaya saat mendukung timnya di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUAksi Bonek, suporter Persebaya Surabaya saat mendukung timnya di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur.

SURABAYA, KOMPAS.com - Kabar duka datang dari Persebaya Surabaya dan Bonek sejagat raya.

Menjelang perayaan hari jadi Persebaya yang ke-74 pada 18 Juni 2021 nanti, pencipta logo Bonek ‘Wong Mangap’, Mochtar Munaji, tutup usia pada hari Senin (14/6/2021) malam.

Ini menjadi kehilangan yang besar karena logo yang diciptakan Mochtar Munaji tidak hanya sekedar jadi warisan, namun juga sebuah identitas yang melekat pada Persebaya Surabaya dan Bonek.

Baca juga: 4 Kasus Serangan Jantung di Sepak Bola, Salah Satunya Dialami Pemain Persebaya

Ucapan belasungkawa dan doa terbaik terus membanjiri media sosial untuk pria yang akrab disapa Mister Mochtar tersebut.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Persebaya turut berduka atas berpulangnya ilustrator Wong Mangap, bapak Mister Muchtar,” tulis Persebaya dalam akun Instagram @officialpersebaya.

“Insyaallah khsunul khatimah. Karya njenengan akan abadi,” imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wong Mangap (orang dengan mulut menganga) adalah logo yang menampilkan kepala pria jantan berambut gondrong dengan ikat kepala berwarna hijau bertuliskan ‘Persebaya’.

Mulut pria dalam gambar tersebut menganga dengan sorot mata yang tajam, seakan menggambarkan Bonek yang sedang memberikan dukungan kepada Bajul Ijo saat berlaga.

Logo tersebut jamak ditemui saat Persebaya Surabaya bertanding baik di syal, kaos, bendera raksasa serta pernak-pernik bernuansa Persebaya Surabaya dan Bonek lainnya.

Selain itu logo itu juga mudah ditemui di sudut-sudut Surabaya Raya yang menandakan bahwa logo tersebut sudah menjadi identitas baik di dalam maupun di luar lapangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X