Kontroversi Jersey Ukraina untuk Euro 2020, Rusia Protes, UEFA Berubah Pikiran

Kompas.com - 11/06/2021, 06:20 WIB
Jersey tim nasional pria Ukraina untuk EURO 2020. AFP/GETTY IMAGES VIA CNNJersey tim nasional pria Ukraina untuk EURO 2020.

KOMPAS.com - Kontroversi terkait desain kostum atau jersey baru tim nasional Ukraina untuk ajang Euro 2020 terus berlanjut.

Menjelang dimulainya Piala Eropa atau Euro 2020, timnas Ukraina merilis jersey terbaru.

Namun, desain jersey yang akan dikenakan oleh anak-anak asuh Andriy Shevchenko itu mengundang kontroversi karena dihiasi gambar peta wilayah Krimea.

Keberadaan peta Krimea pada jersey tersebut, oleh pejabat Rusia, dinilai merupakan sebuah langkah provokasi politik, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (8/6/2021).

Rusia mengklaim semenanjung Krimea dari Ukraina pada 2014 dan menganggapnya sebagai bagian dari wilayahnya, tetapi ditolak secara internasional.

Baca juga: Euro 2020: Pembagian Grup, Daftar Pemain, dan Jadwal Lengkap

Ketua Federasi Sepak Bola Ukraina (UAF), Andriy Pavelko, sebelumnya mengungkap bagian dari jersey tersebut dalam sebuah video di halaman Facebook-nya, beberapa hari sebelum Euro 2020 dimulai.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagian depan kostum menunjukkan kontur Ukraina dengan warna putih, termasuk Krimea dan wilayah Donetsk dan Luhansk.

Pada bagian jersey tersebut juga terdapat slogan "Glory to Ukraine!" atau "Kemuliaan bagi Ukraina!" dan "Glory to the Heroes!" atau "Kemuliaan bagi Para Pahlawan!", sebuah slogan yang biasa digunakan dalam salam militer Ukraina.

Glory to the Heroes yang tercetak di bagian dalam kerah jersey tim nasional pria Ukraina untuk EURO 2020.ANDRII PAVELKO VIA CNN Glory to the Heroes yang tercetak di bagian dalam kerah jersey tim nasional pria Ukraina untuk EURO 2020.
Melansir BBC, slogan tersebut juga digunakan sebagai seruan para pengunjuk rasa yang megusir Presiden pro-Moskow, Viktor Yanukovych pada 2014.

"Kami percaya siluet Ukraina akan memberikan kekuatan kepada para pemain karena mereka akan berjuang untuk seluruh Ukraina," kata Pavelko, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Skuad Ukraina untuk Euro 2020

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X