Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Persib Cenderung Datangkan Pemain Asing Pendatang Baru

Kompas.com - 10/06/2021, 18:50 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Proses pencarian pemain asing Asia yang dilakukan Persib Bandung masih berlangsung.

Klub berjulukan Maung Bandung itu sejatinya sudah punya incaran dan telah berkomunikasi secara intensif dengan sang pemain.

Akan tetapi, Persib belum mau mengumumkan sosok pemain incarannya karena sejauh ini baru menjalin kesepakatan secara verbal.

Selain itu, pemain tersebut pun baru akan tiba di Bandung pada pertengahan Juni 2021 seusai membela negaranya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Baca juga: Pelatih Persib Soroti Kehadiran Klub Liga 2 di Piala Walikota Solo

Meski belum ada pengumuman soal sosok pemain asing Asia anyar Persib, sudah hampir bisa dipastikan pemain yang akan datang itu berstatus sebagai pendatang baru di sepak bola Indonesia.

Sebelumnya, Persib juga sempat mendatangkan Farshad Noor untuk mengisi posisi pemain asing Asia Persib. Farshad juga berstatus sebagai pendatang baru di sepak bola Indonesia.

Akan tetapi, kiprah Farshad bersama Persib tidak berlangsung lama. Dia terdepak setelah Piala Menpora 2021 karena gaya bermainnya yang tidak sesuai dengan kebutuhan tim.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts pun mengungkapkan alasan dirinya condong mencari pemain asing Asia yang belum pernah bermain di Indonesia.

Hal tersebut disebabkan Persib mencari pemain asing dengan peran spesifik.

Artinya, bila fokus mencari pemain asing Asia yang sudah bermain di Indonesia, pilihannya cenderung terbatas.

Baca juga: Wander Luiz Pulih dari Cedera, Pelatih Persib Belum Tenang

Bila diperhatikan, sejak ditangani oleh Alberts, Persib cenderung mencari dan mendatangkan pemain asing yang berstatus sebagai pendatang baru di sepak bola Indonesia.

Tercatat ada enam pemain asing yang didatangkan Persib sejak ditangani Alberts; Nick Kuipers, Omid Nazari, Kevin van Kippersluis, Wander Luiz, Geoffrey Castillion, dan Farshad Noor.

Keenam pemain tersebut berstatus pendatang baru di sepak bola Indonesia.

"Ya itu sangat sederhana, pemain yang kami butuhkan itu punya peran spesifik. Ada banyak pemain bagus di sana dan banyak pemain yang menjalin komunikasi, tetapi mereka tidak masuk dengan peran yang dibutuhkan," kata Alberts kepada wartawan, Kamis (10/6/2021).

"Sebelumnya, saya diberi tahu siapa yang bisa mengisi peran itu (Omid Nazari), Farshad, tetapi melihat di turnamen, dia bukan pemain sepertinya yang kami cari," ujar pelatih 66 tahun itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com