Kata-kata Motivasi Bangkit Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia Vs UEA

Kompas.com - 09/06/2021, 18:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dok. PSSIPelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong berusaha menciptakan suasana positif di tengah keterpurukan skuad Garuda yang takluk dari Vietnam pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Upaya tersebut dilakukan Shin Tae-yong dengan memberikan kata-kata motivasi kepada Evan Dimas dkk menjelang laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia kontra Uni Emirat Arab (UEA).

Kala menghadapi Vietnam di Stadion Al Maktoum, Dubai, UEA, pada Senin (7/6/2021) malam WIB, timnas Indonesia berjuang keras menahan gempuran lawan.

Skuad Garuda sempat bertahan dan menjaga kedudukan 0-0 hingga turun minum babak pertama.

Baca juga: Timnas Indonesia Main Keras Lawan Vietnam, Begini Dalih Shin Tae-yong

Namun, mereka mulai kewalahan saat memasuki babak kedua, tepatnya setelah Vietnam berhasil mencetak gol pertama.

Gol pertama Vietnam berbau kontroversi karena sang pencetak gol Nguyen Tien Linh terlihat seperti handball sebelum membobol gawang timnas Indonesia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, seperti yang dikatakan Shin Tae-yong, skuad Garuda kehilangan fokus dan kembali kebobolan tiga gol hingga menyerah dengan skor 0-4.

"Saat melawan Vietnam, saya rasa keputusan wasit 100 persen memengaruhi pertandingan, semua yang menyaksikan laga itu juga pasti bisa melihatnya," kata Shin Tae-yong seusai laga kontra Vietnam, dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca juga: Komentar Shin Tae-yong Usai Laga Indonesia Vs Vietnam: Wasit Rusak Permainan Garuda

"Walau begitu, pemain sudah sangat bekerja keras, tetapi gol pertama itu kesalahan dari wasit," ujar Shin Tae-yong.

"Setelah itu pun pemain harusnya bisa lebih fokus, untuk melanjutkan laga serta bisa membalikkan keadaan, tetapi keadaannya tidak sampai di situ dan itu yang sebenarnya harus diperbaiki," tutur Shin Tae-yong menjelaskan.

Halaman:


Sumber PSSI
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X