Perubahan Taktik Vietnam Bikin Timnas Indonesia Kalah Telak

Kompas.com - 08/06/2021, 09:40 WIB
Para pemain Timnas Indonesia yang menjadi starter pada laga persahabatan kontra Oman, Sabtu (29/5/2021). PSSIPara pemain Timnas Indonesia yang menjadi starter pada laga persahabatan kontra Oman, Sabtu (29/5/2021).

KOMPAS.com - Perubahan taktik tak terduga dari Vietnam membuat timnas Indonesia kalah telak pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Timnas Indonesia menelan kekalahan telak pada laga ketujuh mereka di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Skuad Garuda dibantai Vietnam empat gol tanpa balas dalam laga yang berlangsung di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021).

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong sebenarnya mampu meredam gempuran-gempuran Vietnam pada babak pertama.

Namun, setelah turun minum, timnas Indonesia seperti kehilangan fokus. Akibatnya, empat gol langsung bersarang di gawang Nadeo Argawinata.

Baca juga: Timnas Indonesia Diganjar 6 Kartu Kuning, Ini Kata Shin Tae-yong...

Gol-gol tersebut berasal dari Nguyen Tien Linh (51'), Nguyen Quang Hai (62'), Nguyen Cong Phuong (67'), dan Vu Van Tanh (74').

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kekalahan dalam pertandingan memang hal biasa. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Indonesia bisa kalah besar.

Usut punya usut, ternyata hasil itu tidak terlepas dari peran pelatih Vietnam Park Hang-seo yang berani mengubah taktik.

Ya, sang arsitek asal Korea Selatan itu memasang formasi yang "tak lazim". Vietnam biasa memakai 3-4-3, tetapi pada laga kontra Indonesia, Park mengubahnya menjadi 3-5-2.

"Pada pertandingan sebelumnya, Vietnam hampir selalu bermain dengan formasi 3-4-3," ucap Park Hang-seo, seperti dikutip dari 24h.vn, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Kata-kata Bahagia Park Hang-seo Usai Vietnam Hajar Timnas Indonesia

Halaman:


Sumber 24h.vn
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X