Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Berencana Gelar Kamp Motivasi sebagai Pengganti TC

Kompas.com - 04/06/2021, 08:30 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Rencana pemusatan latihan tim Persib Bandung hampir pasti batal.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengatakan tidak akan memaksakan menggelar pemusatan latihan sebagai bagian dari program persiapan timnya menghadapi kompetisi.

Dikatakan Alberts, ada sejumlah hal yang membuatnya mengurungkan niat menggelar pemusatan latihan.

Salah satunya adalah enggan membebani finansial klub yang sudah goyah karena pandemi virus corona.

Mengingat untuk menggelar pemusatan latihan, klub harus kembali mengeluarkan biaya akomodasi yang jumlahnya cukup besar.

Baca juga: Pelatih Persib Masih Berharap Liga 1 2021 Digelar dalam Format Home-Away

"Mengenai pemusatan latihan tampaknya sulit karena ini soal finansial dan kami tahu banyak klub tidak memiliki banyak uang untuk saat ini," kata Alberts kepada wartawan, Kamis (3/6/2021).

"Tidak banyak pemasukan yang didapatkan klub. Jadi saya pikir kami tidak bisa melakukan pemusatan latihan karena itu terlalu mahal untuk keuangan klub," imbuh dia.

Meski begitu, Alberts sudah menyusun program pengganti pemusatan latihan, yaitu dengan menggelar kamp motivasi. Kegiatan tersebut memang rutin digelar sejak Alberts menangani klub berjulukan Maung Bandung.

Dikatakan Alberts, kamp motivasi akan digelar setelah kepastian terkait jadwal kick-off kompetisi diumumkan. Biasanya, kamp motivasi itu digelar sepekan sebelum kompetisi digulirkan.

"Untuk kamp motivasi mungkin dilakukan karena kami tidak bisa menggelar pemusatan latihan. Jadi untuk kamp motivasi tentu masuk dalam program dan itu akan dilakukan setelah kami tahu kapan liga akan dimulai," ucap Alberts.

Dalam kamp motivasi, para pemain tidak akan mendapatkan program latihan. Sebaliknya, para pemain hanya akan bersenang-senang sambil rekreasi.

Setelahnya, baru Alberts akan memberikan motivasi kepada pemain agar tampil spartan di kompetisi. Intinya, kamp motivasi digelar untuk membangun kekompakan dan menyatukan visi dan misi seluruh elemen tim Persib.

"Iya, selain itu, kami akan berbicara soal format liga, apa yang ingin kami capai dan membangun kekompakan tim, bagaimana menjadi tim terbaik di Indonesia," tegas Alberts.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com