Kompas.com - 02/06/2021, 22:00 WIB
Pesepak bola Indonesia Alberto Goncalves (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Filipina Alvaro Linares Silva (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018). Akbar Nugroho GumayPesepak bola Indonesia Alberto Goncalves (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Filipina Alvaro Linares Silva (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

KOMPAS.com - Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) resmi telah menentukan tanggal pengundian turnamen AFF Suzuki Cup atau Piala AFF 2020, Rabu (2/6/2021).

Melansir dari situs resmi AFF, pengundian akan dihelat pada Selasa (10/8/2021).

Rincian lebih lanjut terkait tempat dan format pengundian akan diumumkan Juli mendatang.

Turnamen dua tahunan antarnegara Asia Tenggara tersebut sejatinya terjadwal pada 2020 sebagaimana kalendar AFF.

Baca juga: Resmi, Piala AFF 2020 Akan Bergulir Hingga Januari 2022

Namun, pandemi Covid-19 membuat turnamen harus ditunda dan akan digelar mulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

"Kami sangat senang mengumumkan tanggal pengundian resmi AFF Suzuki Cup tahun ini," kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Niat AFF adalah untuk menggelar turnamen dalam format dan jadwal penuh, termasuk pertandingan kandang dan tandang di semua tahap."

"Kami juga menyadari kebutuhan untuk mengeksplorasi dan bersiap menghadapi dampak pandemi Covid-19, termasuk kemungkinan format alternatif seperti menggunakan tempat terpusat."

"Kesehatan dan keselamatan para pemangku kepentingan kami akan terus menjadi prioritas utama, ketika kami mempertimbangkan berbagai opsi untuk turnamen ini."

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Thailand, Raih Poin Garuda?

"Pengumuman lebih lanjut tentang acara tersebut (pengundian) akan dilakukan pada bulan Juli," demikian pernyataan sang Presiden AFF.

Sementara itu, Sportfive, selaku mitra komersial turnamen, terus mengupayakan AFF Suzuki Cup 2020 dapat dilangsungkan secara aman di tengah pandemi Covid-19.

"Kami bekerja keras untuk mendukung AFF dan anggotanya untuk meninjau langkah-langkah ketidakpastian potensial yang mungkin diperlukan tergantung pada situasi yang berlaku di masing-masing negara anggota," tutur Malcolm Thorpe, Managing Director, Asia Tenggara di Sportfive.

"Kami yakin bahwa semua tindakan akan diambil untuk memastikan keselamatan semua peserta dan penggemar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber AFF
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.