Kompas.com - 30/05/2021, 20:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu dan menjalin silaturahmi dengan suporter Persebaya Surabaya, Bonek di Warung Kopi Pitulikur, Surabaya, Minggu (30/05/2021) siang. IstimewaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu dan menjalin silaturahmi dengan suporter Persebaya Surabaya, Bonek di Warung Kopi Pitulikur, Surabaya, Minggu (30/05/2021) siang.

SURABAYA, KOMPAS.com - Di sela-sela agenda bertemu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyempatkan diri bersilaturahmi dengan suporter Persebaya Surabaya, Bonek di Warung Kopi Pitulikur, Surabaya, Minggu (30/05/2021) siang.

"Kebetulan agenda saya dengan Bu Khofifah, saya tiba-tiba malam teringat kalau Bonek markasnya di Surabaya. Saya bilang ke tim, kalau ada waktu sekalian silaturahmi saja," ujar Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu.

Keinginan silaturahmi ini dilandasi latar belakang bahwa Ridwan Kamil pernah ada interaksi langsung dengan Bonek di tahun 2016.

Bahkan, dulu ada sebagian suporter Persebaya yang mendampingi timnya berlaga di Bandung, diterima di pendopo dan digelarkan karpet untuk bermalam di sana.

"Ya nanti kalau ada kawan-kawan ke Bandung, ada kunjungan saya jamu begitu. Dulu juga begitu. Supaya nanti kalau bonek ke Jabar lagi, komunikasi tukeran nomer hp dan bisa saling menjaga dan mengamankan lah kira-kira," katanya menambahkan.

Baca juga: Pelatih Persebaya Dukung Penuh Skema Baru Liga 1 2021-2022

Ridwan Kamil mengingat bila Bonek dan Bobotoh (suporter Persib) memiliki hubungan yang sangat baik. Sehingga, sudah sepantasnya pula Kang Emil menjalin komunikasi sekaligus silaturahmi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dalam budaya suporter, banyak kaos-kaos judulnya Bobotoh-Bonek bersaudara. Ini menunjukkan ada sejarah yang harus jadi contoh, bahwa antarsuporter sebaiknya begitu," tutur Gubernur berusia 49 tahun tersebut.

Menurutnya, kalau nanti bertanding, rivalitas cukup berlangsung dalam 90 menit, termasuk bagi suporter yang menyaksikan. 

Baca juga: Pelatih Persib Tak Sepakat Liga 1 Dipusatkan di Pulau Jawa

Ridwan Kamil berharap semakin ke sini, suporter makin maju dan disiplin.

"Setelah itu kita kembali sama-sama Indonesia Raya, sama-sama Pancasila, dan sama-sama Merah-Putih.

"Saya doakan makin kesini makin disiplin, saling mengingatkan, sehingga jangan ada korban fisik, korban jiwa terhadap sepak bola Indonesia," katanya memungkasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.