Copa90 Rilis Video Dokumenter yang Menyoroti Persija dan Jakmania

Kompas.com - 21/05/2021, 16:40 WIB
Kanal YouTube Copa90 merilis video dokumenter keempatnya mengenai sepak bola Indonesia yang menyoroti Persija Jakarta dan fans mereka para Jakmania. COPA90Kanal YouTube Copa90 merilis video dokumenter keempatnya mengenai sepak bola Indonesia yang menyoroti Persija Jakarta dan fans mereka para Jakmania.

KOMPAS.com - Kanal YouTube Copa90 merilis video dokumenter keempatnya mengenai sepak bola Indonesia.

Copa90 merupakan sebuah kanal YouTube dengan lebih dari 1 juta subscribers yang secara eksklusif meliput dan menyelam lebih dalam ke kultur sepak bola dari seluruh dunia.

Copa90 kini merilis video dokumenter terbaru mereka yang menyoroti Persija Jakarta dan fans mereka para Jakmania.

Sebelumnya, Copa90 menyoroti PS Sleman, Bali United, dan juga mengenai kondisi sepak bola Indonesia di tengah skorsing FIFA.

Film dokumenter terbaru mereka berjudul "How This Struggling Club United 10 Million Fans" atau "Bagaimana Klub yang Kesulitan ini Menyatukan 10 Juta Fans".

Video ini menjelajahi usaha para Jakmania untuk mengatasi halangan-halangan dalam menyatukan berbagai golongan sosio-ekonomis dan identitas etnis di Jakarta untuk menjadi salah satu klub yang paling didukung di Indonesia dan Asia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dokumenter ini juga menunjukkan pandangan-pandangan dari Ketum Jakmania Diky Soemarno dan Sekjen Rajiva Baskoro.

Copa90 juga memuat wawancara Pramuaji Ajay, seorang analis data olahraga Indoensia dan juga Antony Sutton, pengarang beberapa buku mengenai sepak bola Asia dan pemilik akun Twitter @JakartaCasual.

Debanjan Banerjee, pria di balik video ini yang juga meliput kultur sepak bola Asia mengatakan bahwa publik sepak bola Indonesia unik di dunia.

"Kultur sepak bola Indonesia merupakan campuran dari pengaruh lokal dan negara-negara Barat," ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com.

"Hal ini membuat mereka unik bagi audiens di seluruh dunia. Kami tak sabar untuk menampilkan lebih banyak lagi kisah-kisah mereka di masa depan."



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X