Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LaLiga Rising Stars: Profil Nico Williams, Pengikut Jejak Sang Kakak

Kompas.com - 13/05/2021, 23:07 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pemain muda Athletic Club, Nico Williams, tampak bakal menjadi bintang sepak bola masa depan seperti sang kakak. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda ketahui mengenai bintang terkini Bilbao yang masih berusia 18 tahun, Nico Williams.

Pemain terkini dalam seri LaLiga Rising Stars adalah bintang muda berbakat Athletic Bilbao, Nico Williams.

Athletic Club berhasil membuat sejarah pada menit ke-62 laga melawan Real Valladolid pada akhir April lalu.

Momen tersebut adalah kala Nico Williams memasuki lapangan San Mames untuk menjadi pemain ke-627 yang melakukan debut bersama tim utama Athletic.

Tak sampai 10 menit kemudian, kakak Nico, Inaki Williams, juga masuk ke lapangan.

Duo Williams ini kakak-beradik pertama yang bermain bersama untuk tim utama Athletic Club setelah 30 tahun sejak Patxi dan Julio Salinas merumput bagi klub pada 1986.

Baca juga: LaLiga Rising Stars: Profil Ilaix Moriba, Permata Barcelona

Kisah mereka sangatlah inspiratif. Keduanya merupakan buah hati ayah yang berasal dari Ghana dan ibu seorang warga Liberia.

Mereka bertemu di kamp pengungsi sebelum terbang ke Spanyol untuk memulai hidup baru.

Keduanya tiba pertama di Bilbao kemudian tinggal di dekat Pamplona, sebuah kota yang paling terkenal di seluruh dunia untuk festival Running the Bulls yang diadakan setiap bulan Juli.

Di sanalah mereka membesarkan dua putra yang tergila-gila dengan sepak bola, Inaki dan Nico.

Kakak-beradik ini kemudian menjadi pemain berkulit hitam kedua dan ketiga yang bermain untuk tim utama Athletic Club setelah Jonas Ramalho pada 2011.

Athletic klub merupakan sebuah klub yang secara eksklusif mengedepankan bakat lokal.

Muncul pada seri pertama LaLiga dan dokumenter Amazon bertajuk Six Dreams pada 2018, Inaki berbicara tentang betapa bangganya ia mewakili begitu banyak kelompok berbeda setiap turun ke lapangan untuk Athletic Club.

Baca juga: LaLiga Rising Stars: Profil Ronald Araujo, Bek dengan Insting Penyerang

Hal tersebut merupakan sesuatu yang ia telah lakukan di 190 pertandingan LaLiga Santander yang menakjubkan secara berturut-turut.

“Suatu kehormatan bagi saya mengetahui masyarakat berkulit hitam dan orang-orang Afrika bangga kepada saya,” kata pemain berusia 26 tahun ini.

Bek Denmark asal Denmark Simon Kjaer (kanan) bersaing ketat dengan penyerang Spanyol Athletic Bilbao, Inaki Williams (kiri) selama pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Sevilla dan Athetlic Bilbao di stadion Ramon Sanchez-PizjuanAFP/CRISTINA QUICLER Bek Denmark asal Denmark Simon Kjaer (kanan) bersaing ketat dengan penyerang Spanyol Athletic Bilbao, Inaki Williams (kiri) selama pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Sevilla dan Athetlic Bilbao di stadion Ramon Sanchez-Pizjuan

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com