Persebaya Nilai Perampingan Kuota Pemain Asing adalah Pilihan Rasional

Kompas.com - 11/05/2021, 14:30 WIB
Persebaya Surabaya latihan rutin di Stadion Gelora 10 November, Selasa (04/05/2021) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPersebaya Surabaya latihan rutin di Stadion Gelora 10 November, Selasa (04/05/2021) sore.

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Persebaya Surabaya ikut mengomentari wacana perubahan kuota pemain asing Liga 1 2021.

Liga 1 2021 mengurangi kuota dari tiga pemain asing bebas plus satu pemain asing Asia (3+1) menjadi dua pemain asing bebas plus satu pemain asing Asia (2+1).

Persebaya Surabaya merasa masing-masing opsi yang ditawarkan soal kuota pemain asing di Liga 1 2021, memiliki kelebihan dan kekurangan.

“Semua kan ada pertimbangannya kenapa 3+1 atau 2 +1. Kalau dalam kondisi saat ini dua-duanya sama-sama rasional,” kata Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi.

Baca juga: Persebaya Tidak Tanggapi Serius Polemik Regulasi Baru yang Bikin Gaduh

Perampingan jumlah kuota pemain asing memang menuai banyak kontra, tetapi tidak bisa dipukul rata sebagai opsi yang buruk.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari sudut pandang yang lebih luas, Candra Wahyudi melihat skema 2+1 yang ditawarkan tetap menyediakan keuntungan yang bisa didapatkan, baik dari sisi tim maupun dari segi kompetisi.

“3+1 pertimbangannya pasti untuk peningkatan kualitas, meningkatkan gebyar kompetisi. Namun, 2+1 pun menurut saya ada plus-nya,” tutur Candra Wahyudi.

“Dari sisi finansial klub akan terbantu efisiensi pembelian pemain."

"Kemudian memberikan kesempatan bagi pemain lokal untuk bermain lebih banyak,” imbuhnya.

Candra Wahyudi mengatakan, semuanya tergantung keinginan PSSI dan PT LIB dalam mendesain skema Liga 1 2021.

Baca juga: Persik soal Liga 1: Idealnya Ada Degradasi-Promosi, tetapi...

 

Sebab, dari pengamatannya, opsi penambahan maupun pengurangan kompetisi sama-sama disertai alasan yang rasional.

“Jadi semuanya ada plus minusnya tinggal sekarang PSSI sebagai Federasi dan LIB sebagai operator kira-kira apa yang bagus untuk di masa seperti ini.”

“Klub pasti mengikuti, toh 3+1 pun tidak harus dipenuhi 3+1, bisa 2+1. 2+1 pun tidak harus dipenuhi tiga, bisa 1+1 semua kan masih fleksibel,”tutur manajer Persebaya Surabaya itu soal kuota pemain asing Liga 1 2021.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X