Kompas.com - 29/04/2021, 10:00 WIB
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat memimpin sesi latihan timnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis (18/03/2021). KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat memimpin sesi latihan timnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis (18/03/2021).

BANDUNG, KOMPAS.com - Antiklimaks, itulah sekiranya kata yang mungkin tepat dalam menggambarkan kiprah Persib Bandung di Piala Menpora 2021. Persib bak kehabisan bensin di laga final.

Padahal, klub asuhan Robert Rene Alberts mengawali kiprahnya di turnamen pramusim itu dengan catatan impresif.

Maung Bandung, julukan Persib, tidak terkalahkan sejak tampil di fase grup hingga semifinal. Empat kemenangan dan dua imbang adalah modal Persib untuk melenggang ke babak final.

Sayang bagi Persib, mereka gagal mempertahankan tren positif itu di laga pamungkas. Berhadapan dengan Persija Jakarta di partai puncak, Persib kepayahan.

Baca juga: Pelatih Persib Kecam Aksi Anarkistis Oknum Bobotoh

Maung Bandung tampak seperti kehabisan bensin. Hasilnya, Persib pun harus puas dengan hanya menempati posisi runner-up di akhir turnamen karena kalah dengan agregat 1-4 (0-2, 1-2) dari Persija.

Robert Rene Alberts tak menampik timnya memang kehabisan bensin di laga final. Pasalnya, para pemain mengalami kelelahan hebat.

Hal tersebut disebabkan karena kondisi fisik pemain yang belum mencapai level ideal untuk tampil di laga kompetitif. Jadwal pertandingan yang sangat padat juga jadi pemicu.

Sejak mencapai fase gugur Piala Menpora 2021, setidaknya Persib harus bertanding dalam tempo tiga hari sekali.

Situasi tersebut, tentu sangat menyulitkan bagi Supardi Nasir dkk. Mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pemulihan.

"Jika melihat kondisi para pemain setelah satu tahun tidak bermain dan hanya punya waktu tiga pekan untuk melakukan persiapan menghadapi turnamen ini, wajar jika mereka mengalami kelelahan hebat," kata Alberts kepada wartawan, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Persib Dianggap Telah Penuhi Target di Piala Menpora 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X