Kompas.com - 26/04/2021, 02:37 WIB
Salah seorang saksi mata, yang juga petugas keamanan Graha Persib memberikan keterangan kepada awak media mengenai kronologis aksi perusakanyang dilakukan ratusan oknum tidak bertanggung jawab di depah Gedung Graha Persib, JL Sulanjana, Kota Bandung, Senin (26/4/2021) dini hari WIB. BOBOTOH.id/Adam HuseinSalah seorang saksi mata, yang juga petugas keamanan Graha Persib memberikan keterangan kepada awak media mengenai kronologis aksi perusakanyang dilakukan ratusan oknum tidak bertanggung jawab di depah Gedung Graha Persib, JL Sulanjana, Kota Bandung, Senin (26/4/2021) dini hari WIB.

BANDUNG, KOMPAS.com - Aksi tidak terpuji dilakukan oleh oknum bobotoh, setelah Persib Bandung menelan kekalahan dari Persija Jakarta di final Piala Menpora 2021.

Ratusan oknum bobotoh melakukan tindakan anarkis di depan Graha Persib, JL Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (25/4/2021) malam WIB.

Lukman, saksi mata yang juga petugas keamanan Graha Persib menjelaskan kronologis dari kejadian tersebut.

"Massa datang dari arah sana (Balubur) sama datang dari arah sana (JL. Ir. H. Juanda) sedikit-sedikit dan berkumpul di sini (bahu jalan Graha Persib) nyalain cerawat. Dari sana (JL. Ir. H. Juanda) nyalain cerawat lagi, terus polisi datang, dan dibubarkan," kata Lukman kepada awak media, Senin (26/4/2021) dini hari WIB.

"Pertama dari kedua arah datang 30 motor. Kedua sekitar 50 sampai 100-an, sama dari arah sana (JL. Balubur) dan sana (JL. Ir. H. Juanda). Kumpulnya di sini (bahu jalan gedung Graha Persib) sampai sini (batas parkiran Graha Persib)," sambung dia.

Baca juga: Hasil Persib Vs Persija - Menang, Macan Kemayoran Juara Piala Menpora 2021!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beruntung pihak keamanan sigap membubarkan massa. Sehingga, aksi tersebut tidak berlangsung lama dan tidak menimbulkan kerusakan parah di area Graha Persib.

Hingga berita ini ditulis, pihak keamanan dari Kepolisian melakukan penjagaan ketat di area Gedung Graha Persib.

Meski begitu, menurut Dadan, seorang saksi mata lain yang juga pihak keamanan di Graha Persib, massa sempat melakukan aksi pelemparan batu, cerawat, dan botol air mineral ke area Graha Persib.

Lokasi Graha Persib di Jalan Sulanjana No 17, Bandung.GOOGLE MAPS Lokasi Graha Persib di Jalan Sulanjana No 17, Bandung.

"Kejadian dua kali datang, rombongan pertama datang langsung dibubarkan polisi. Yang kedua datang lebih banyak, lempar cerawat, batu, botol isi air. Lalu datang Brimob, yang kedua sekitar jam 11 lah," tutur Dadan.

Baca juga: Daftar Juara dan Penerima Penghargaan Piala Menpora 2021

Lebih lanjut Dadan mengatakan, massa yang menggeruduk Graha Persib jumlahnya diperkirakan lebih dari 100 orang.

Dikatakan Dadan, mereka tidak mengenakan atribut Persib atau bobotoh.

"Jumlah massa lebih dari 100 orang sepertinya. Iya, tidak pakai atribut. Pakaiannya bebas, formal, gak ada atribut Persib," ucap Dadan.

Sejauh ini belum diketahui jumlah kerusakan yang dialami pihak Persib.

Adapun tim Persib, gagal meraih gelar juara Piala Menpora karena kalah dari Persija dengan agregat 4-1 (2-0, 2-1) dalam pertandingan final di Stadion Manahan, Solo.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.