Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Vs Persija Final Piala Menpora - Cara Sudirman Atur Bintang Muda

Kompas.com - 25/04/2021, 13:45 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Kesuksesan Persija Jakarta menekuk Persib Bandung di leg pertama final Piala Menpora 2021 tak terlepas dari performa pemain mudanya yang luar biasa.

Kemenangan tersebut disumbangkan oleh dua wonderkid mereka, Braif Fatari dan Taufik Hidayat.

Tak hanya berhasil mencetak gol, keduanya juga mampu tampil cukup baik sebagai pemain muda yang berlaga di laga penuh tekanan.

Menanggapi hal tersebut, pelatih Persija, Sudirman, menyebut di tubuh timnya memang banyak pemain muda yang potensial.

Kedua pemain mudanya disebut sebagai senjata rahasia. Dia menjelaskan sistem rotasi yang diterapkan antara pemain muda dan pemain senior berjalan dengan baik.

Baca juga: Persib Vs Persija Main di Manahan, Macan Kemayoran Unggul 2 Langkah

 

Jika pemain senior dalam kondisi yang kurang ideal dan pemain muda mampu menunjukkan performa terbaiknya, Sudirman akan memberi kesempatan bagi pemain muda untuk berlaga.

Sudirman bersyukur sejauh ini para pemain mudanya menunjukkan permainan yang cukup bagus.

"Ya kami memang punya pemain-pemain muda yang punya potensi untuk bisa berkembang, tetapi kami juga harus melihat frekuensi pertandingan, terus peak performance pemain-pemain yang ada di tim senior," ujar pelatih berusia 51 tahun itu.

"Kalau memang pemain-pemain di senior tidak dalam peak performance-nya atau cedera, tentunya kami akan memberi kesempatan kepada pemain-pemain muda untuk bisa menunjukkan permainan mereka. Alhamdulillah mereka menunjukkan hal yang sangat positif,” katanya.

Baca juga: Final Piala Menpora - Tak Buru Gol Cepat, Persib Lebih Berharap pada Efektivitas Serangan

Pemain Persib Bandung Ardi Idrus (tengah) dijaga ketat tiga Pemain Persija Jakarta saat final Piala Menpora 2021 leg pertama yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (22/04/2021) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Persib Bandung Ardi Idrus (tengah) dijaga ketat tiga Pemain Persija Jakarta saat final Piala Menpora 2021 leg pertama yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (22/04/2021) malam.

Menatap leg kedua, Minggu (25/4/2021dengan keunggulan dua gol, Sudirman enggan untuk memilih bermain bertahan.

Bagi dia, segala kemungkinan masih bisa terjadi di leg kedua. Untuk itu, dia lebih memilih fokus menyiapkan anak asuhnya menghadapi pertandingan leg kedua yang diprediksi akan berjalan lebih seru.

Dia juga mengingatkan anak asuhnya untuk tidak jemawa dengan kemenangan yang diraih di leg pertama.

Baca juga: Link Live Streaming Final Piala Menpora Persib Vs Persija, Perjuangan Terakhir Menuju Juara

"Ya tentunya kemenangan leg pertama ini bukan jaminan bahwa kami sudah lolos ya, ada pertandingan kedua tentunya," ucapnya.

"Kami semua tetap fokus, tetap berusaha untuk menampilkan yang terbaik, tidak boleh merasa kami sudah unggul dalam pertandingan ini," kata Sudirman.

"Masuk lapangan dalam leg kedua nanti skor masih tetap 0-0, bahwa kami masih belum berpikir memenangi satu pertandingan supaya pemain-pemain tetap fokus. Tetap punya gairah atau punya hasrat memenangi pertandingan di leg kedua kembali," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com