Susul 6 Tim Inggris, Inter dan Atletico Mundur dari European Super League

Kompas.com - 21/04/2021, 18:28 WIB
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, bereaksi setelah timnya mencetak gol ketiga ke gawang Lazio pada laga lanjutan pekan ke-22 Liga Italia di Stadion San Siro, Senin (15/2/2021) dini hari WIB. AFP/MARCO BERTORELLOPelatih Inter Milan, Antonio Conte, bereaksi setelah timnya mencetak gol ketiga ke gawang Lazio pada laga lanjutan pekan ke-22 Liga Italia di Stadion San Siro, Senin (15/2/2021) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Setelah tim "Big Six" Liga Inggris, kini giliran Inter Milan dan Atletico Madrid yang mundur dari European Super League.

Dunia sepak bola belakangan digemparkan oleh proyek European Super League yang digagas 12 tim elite Eropa.

Sebanyak 12 tim yang dimaksud adalah Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona, Juventus, Inter Milan, AC Milan, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Dideklarasikan pada Senin (19/4/2021) pagi WIB, ke-12 klub elite tersebut mencanangkan European Super League (ESL) atau Liga Super Eropa sebagai babak baru sepak bola Eropa.

Kompetisi yang dijadwalkan bakal dimulai pada Agustus 2021 dengan total peserta sebanyak 20 tim tersebut.

Sebanyak 15 dari tim-tim tersebut (12 klub pendiri + 3 klub pelopor lain) bakal menjadi peserta permanen dengan lima tim sisa setiap tahunnya akan diperebutkan oleh klub-klub lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 48 Jam Mengudara, European Super League Resmi Ditangguhkan

Akan tetapi, eksistensi ESL tak bertahan lebih dari tiga hari menyusul gelombang protes dari suporter dan tokoh-tokoh sepak bola yang mengecam proyek tersebut.

Enam klub Liga Inggris, yakni Liverpool, Manchester City, Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur, telah memutuskan mundur dari ESL.

Mereka kompak mengucapkan salam perpisahan kepada European Super League melalui pernyataan resmi yang dirilis dini hari tadi WIB.

Keputusan tim "Big Six" Liga Inggris itu akhirnya membuat ESL resmi ditangguhkan per hari Rabu (21/4/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X