Kompas.com - 21/04/2021, 03:00 WIB
Manajer Leicester City, Claudio Ranieri, menatap trofi Premier League setelah partai kontra Everton di Stadion King Power, Sabtu (7/5/2016). ADRIAN DENNIS/AFPManajer Leicester City, Claudio Ranieri, menatap trofi Premier League setelah partai kontra Everton di Stadion King Power, Sabtu (7/5/2016).
|

KOMPAS.com - Menurut pelatih senior Italia yang terlibat dalam kisah Cinderella bersama Leicester City pada 2016, Claudio Ranieri, pencetusan European Super League merupakan ide buruk yang membuatnya sedih.

Deklarasi penyelenggaraan European Super League pada awal pekan ini membuat geger kancah sepak bola Benua Biru.

Kompetisi tertutup yang rencananya akan diputar pada Agustus mendatang itu dipercaya bakal meruntuhkan spirit universal sepak bola.

Kisah Cinderella ala Leicester City yang bisa membalikkan segala prediksi dengan menjuarai Premier League pada 2016 silam, akan sulit terulang.

Pasalnya, partisipan European Super League diisi klub-klub mapan nan tajir. Tak ada ruang buat tim medioker apalagi level gurem.

European Super League dicetuskan oleh 12 klub, yakni Man United, Man City, Liverpool, Chelsea, Arsenal, Tottenham, Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, Juventus, Inter Milan, dan AC Milan.

Belakangan, duo Premier League, Chelsea dan Man City, memutuskan mundur dari liga elite tersebut.

Baca juga: Di Balik European Super League, Ada Kebohongan Konstan Bos Juventus

Upaya penyelenggaraan European Super League langsung mendapatkan kecaman dari berbagai pihak, termasuk Presiden UEFA dan FIFA.

Aleksander Ceferin selaku Presiden UEFA sampai berani mengancam bahwa pemain yang terlibat dalam liga sempalan bernama European Super League tak akan bisa berpartisipasi di gelaran Euro dan Piala Dunia.

Rakus, egois, narsis adalah kata sifat yang belakangan sering disematkan kepada 12 klub penggagas European Super League.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X