Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Erik Alonso Yakin Klub Indonesia Bisa Juara Liga Champions Asia

Kompas.com - 18/04/2021, 08:40 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pemilik baru Derby County, Erik Alonso, yakin bahwa klub Indonesia bisa berbicara banyak di kompetisi antarklub Asia. Bahkan, pebisnis asal Spanyol ini percaya kalau dirinya bisa membawa kubu Liga 1 juara Liga Champions Asia.

Kepemilikan Erik Alonso di Derby County kini tinggal menunggu pengesahan dari EFL selaku penyelenggara kompetisi Divisi Championship, kasta kedua Liga Inggris.

Walau belum diratifikasi sebagai pemilik tim asuhan Wayne Rooney tersebut, pebisnis asal Spanyol ini tengah melirik klub Liga 1 Indonesia.

Pria berusia 29 tahun itu yakin klub Indonesia punya potensi besar dan bahkan bisa menjadi juara Liga Champions Asia dalam jangka waktu lima tahun setelah ia datang.

Hal tersebut disampaikan Erik Alonso saat Kompas.com menghubunginya pada Jumat (16/4/2021) malam WIB.

Baca juga: Bos Baru Wayne Rooney Tegaskan Keinginan Beli Klub Liga 1 Indonesia

Pria yang mengaku punya sokongan dana dari Amerika Serikat, Asia, Swiss, Dubai, Kuwait, dan Spanyol tersebut ingin membeli tim Liga 1 jika kesempatan itu terbuka.

"Saya ingin membangun tim, memiliki 100 persen tim, dan membuat tim sangat besar dan sukses di Indonesia," tutur Alonso lewat sambungan telepon langsung dari Spanyol.

"Saya ditawari tim-tim Singapura, Vietnam, dan Thailand tapi saya ingin tim Indonesia."

"Saya ingin menangani tim 100 persen dan 24 jam dan saya ingin mulai sesegera mungkin. Saya terbuka bila ada tim yang ingin menghubungi saya," lanjut pria yang mengaku punya berbagai portfolio bisnis di Indonesia, mulai dari properti sampai investasi di pabrik-pabrik.

"Saya ingin sebelum lima tahun, tim Indonesia bisa menjadi juara di kompetisi AFC, juara Liga Champions Asia."

Kompas.com pun bertanya mengenai keyakinannya menempuh target itu dan apa yang menjadi halangan utama bila nanti jadi membeli klub Liga 1.

"Kami harus menjalankan sebuah tim secara profesional dengan standar Eropa. Itu adalah cara untuk membuat suatu tim menjadi sukses," tutur pria yang bersahabat erat dengan Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, tersebut.

Menjadi profesional sebenarnya adalah sebuah tantangan bagi klub-klub Liga 1.

Baca juga: Siapakah Erik Alonso, Bos Baru Wayne Rooney yang Ingin Bawa Klub Indonesia Juara Asia?

Bahkan, ronde terkini AFC Club Licensing Cycle pada November 2020 menunjukkan hanya ada enam dari 18 tim Liga 1 yang lolos proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional.

Menanggapi fakta ini, Alonso pun yakin dengan kemampuan dirinya mengubah peruntungan klub.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com