Kompas.com - 18/04/2021, 07:10 WIB

KOMPAS.com - Persaingan Liga 2 2021 bakal menarik dengan kehadiran beberapa pemilik "sultan" baru. Tercatat ada empat klub yang baru diakuisisi oleh pemilik dana kelas atas, salah satunya adalah klub RANS Cilegon FC yang diakuisisi artis papan atas Raffi Ahmad. 

Fenomena ini pun memicu komentar dari mantan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Ia mengatakan bahwa kehadiran para pemilik "sultan" ini akan menjadi nilai positif jika secara fundamental tidak ada peraturan yang dilanggar dan kehadiran mereka bisa membangun sepak bola lokal.

"Sepak bola ini berbeda dengan bisnis yang lain, oleh karena itu ada sekolahnya sendiri (untuk belajar manajemen sepak bola)," tutur Tisha saat menjawab pertanyaan Kompas.com pada acara tanya-jawab di KaskusTV pada Sabtu (17/4/2021) malam WIB.

"Hal ini berkaitan dengan sejarah sepak bola itu sendiri, olahraga ini datang dari gerakan komunitas," tuturnya.

Baca juga: Tak Lagi di Sepak Bola, Ratu Tisha Jadi Komisaris Independen

"Posisi sepak bola dimulai dari suatu olahraga leisure (rekreasi) untuk eksistensi diri yang kini menjelma jadi sebuah industri."

Tisha mengambil contoh klub Liga Inggris, Arsenal, yang pada awalnya didirikan oleh sekelompok pekerja pabrik amunisi di Dial Square, di Woolwich, area London tenggara.

"Ada fundamental yang harus dipahami sebelum masuk ke olahraga ini," ujar wanita yang meninggalkan posisinya sebagai Sekjen PSSI pada 13 April 2020 itu lagi.

"Ada fundamental, kedaerahan, komunitas, suatu klub membangun ke bawah."

"Bagi saya, selama fundamental-fundamental itu dipelihara dan dibangun dengan baik, untuk pengembangan industri sepak bola (para pemilik baru ini) akan sangat luar biasa."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.