Semifinal Piala Menpora - Alasan Persija Tak Banyak Mainkan Pemain Muda

Kompas.com - 15/04/2021, 03:15 WIB
Tendangan pemain muda Persija Jakarta Braif Fatari digagalkan penjaga gawang PSM Makassar Hilmansyah saat babak penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 yang berakhir dengen skor 0-2 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (22/03/2021) malam. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUTendangan pemain muda Persija Jakarta Braif Fatari digagalkan penjaga gawang PSM Makassar Hilmansyah saat babak penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 yang berakhir dengen skor 0-2 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (22/03/2021) malam.

 

SLEMAN, KOMPAS.com - Persija Jakarta mendapat sorotan karena tak banyak memberi kesempatan kepada pemain muda mereka pada ajang Piala Menpora 2021.

Tercatat, hanya Braif Fatari dan Afriyanto Nico yang diberi kesempatan untuk tampil membela tim berjuluk Macan Kemayoran itu.

Menanggapi hal tersebut, pelatih Persija Jakarta, Sudirman, menjelaskan situasi pertandingan di Piala Menpora belum memungkinkan baginya untuk menurunkan pemain muda.

Situasi sulit memang dihadapi oleh Persija sejak babak penyisihan Grup B, dibuka dengan hasil kurang memuaskan saat harus takluk di tangan PSM Makassar 0-2.

Baca juga: Jadwal Piala Menpora - Leg I Persija Vs PSM Dimulai Besok

Praktis jika ingin melangkah lebih jauh di Piala Menpora, Persija harus bisa memenangi semua laga tersisa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya, Persija Jakarta sukses menembus babak penyisihan dengan status juara Grup B dan lolos ke semifinal seusai mengalahkan Barito Putera 1-0 di babak 8 besar.

Hal itulah yang membuat Sudirman enggan mengambil risiko besar dengan menurunkan pemain muda, mengingat laga yang dihadapi penuh dengan tekanan dan Persija berambisi untuk menjadi kampiun Piala Menpora 2021.

"Ada beberapa pemain muda yang kami bawa untuk Piala Menpora ini. Namun, kami tahu pertandingan-pertandingan yang kami lakukan adalah pertandingan yang semuanya dibutuhkan untuk menang," tutur Sudirman.

"Karena semuanya kayak kemarin situasinya, belum menguntungkan bagi tim untuk saya bisa menurunkan pemain-pemain muda. Sebab, dari penyisihan kami kalah pertama dan harus menang di pertandingan berikutnya," tuturnya.

Baca juga: Pesan Zainudin Amali jika Persija Vs Persib Terjadi di Final Piala Menpora 2021

"Lalu dapat tekanan agar lolos ke babak 8 besar. Setelah itu juga dengan sistem single match itu tekanan-tekanan besar saya rasa pemain muda masih perlu banyak waktu untuk bisa belajar," katanya.

Persija memang menjadi salah satu tim yang difavoritkan menjadi juara Piala Menpora 2021 yang bermaterikan pemain-pemain berstatus bintang.

Pada laga semifinal Piala Menpora mendatang, Persija Jakarta akan berhadapan dengan PSM Makassar.

Para penggawa Persija Jakarta tentunya bertekad membalas kekalahan mereka pada babak penyisihan beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.