Kompas.com - 09/04/2021, 13:00 WIB
Para suporter klub sepak bola Spanyol, Barcelona. AFP PHOTO / FRANCK FIFEPara suporter klub sepak bola Spanyol, Barcelona.

KOMPAS.com - Laga panas LaLiga Real Madrid vs Barcelona akan bergulir pada Minggu (11/4/2021) pukul 02.00 WIB dini hari. Salah satu rivalitas tersengit dunia sepak bola itu akan menghadirkan dua istilah yang telah lama kita kenal, Cules dan Los Merengues.

Salah satu hal yang menarik perihal El Clasico adalah perihal julukan-julukan yang disematkan kepada mereka.

Hal ini menjadi salah satu topik dalam acara eksklusif LaLiga luncheon dengan beberapa media terpilih yang juga dihadiri Kompas.com pada Rabu (7/4/2021).

Pada acara di sebuah restoran Basque di bilangan Jakarta selatan tersebut, Rodrigo Gallego, perwakilan LaLiga di Indonesia, menjelaskan berbagai hal mengenai rivalitas Real Madrid dan Barcelona termasuk asal julukan mereka.

Acara eksklusif LaLiga luncheon jelang laga El Clasico dengan beberapa media terpilih yang juga dihadiri Kompas.com pada Rabu (7/4/2021). Sebagai pembicara utama hadir Rodrigo Gallego, perwakilan LaLiga di Indonesia.BCW/Hadyan Hawari Acara eksklusif LaLiga luncheon jelang laga El Clasico dengan beberapa media terpilih yang juga dihadiri Kompas.com pada Rabu (7/4/2021). Sebagai pembicara utama hadir Rodrigo Gallego, perwakilan LaLiga di Indonesia.

Cules sendiri adalah terminologi bagi para fans Barcelona, yang tentu saja jauh dari nama klub mereka sendiri.

Sebagai perbandingan, fans Real Madrid acap dijuluki Madridistas yang tentu saja mengacu ke nama klub jagoan mereka.

Asal mula nama Cules berasal dari latar belakang sederhana Barcelona sebagai klub.

Pada awal abad ke-20, Barcelona memainkan laga-laga mereka di Stadion Calle de la Industria.

Stadion tersebut hanya bisa menampung kurang lebih 6000 orang, jauh sekali dari kapasitas Camp Nou kini yang punya 90.000 lebih tempat duduk.

Baca juga: Real Madrid Vs Barcelona, El Clasico Terakhir Lionel Messi?

Stadion dikelilingi oleh tembok kecil yang membatasi lapangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X