Kompas.com - 06/04/2021, 16:00 WIB
Pelatih PSM Makassar selama mengikuti Piala Menpora 2021, Syamsuddin Batolla. KOMPAS.com/Suci RahayuPelatih PSM Makassar selama mengikuti Piala Menpora 2021, Syamsuddin Batolla.

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batola, ibarat navigator ulung yang mampu menstabilkan laju kapal di tengah terpaan ombak persaingan ketat Piala Menpora 2021.

Skuad asuhan Syamsuddin Batola, PSM Makassar, menjadi pusat perhatian pada Piala Menpora 2021 ini.

Rentetan masalah finansial sampai eksodus pemain bintang membuat sempat membuat klub berjulukan Juku Eja itu sempat dipandang sebagai tim penggembira saja.

Namun, secara mengejutkan PSM Makassar berhasil menjadi runner-up Grup B, sebuah grup yang dilabeli dengan sebutan neraka karena didiami oleh sejumlah tim dengan materi bintang.

Juku Eja berhasil mengungguli Borneo FC dan Bhayangkara Solo FC yang difavoritkan juara.

Bahkan, pasukan Syamsuddin Batola sempat mengalahkan juara Grup B, Persija Jakarta di pertandingan pertama.

Baca juga: Patrich Wanggai Belum Pasti Bela PSM di 8 Besar Piala Menpora 2021

 

Pencapaian tersebut menjadi salah satu pemulus langkah PSM menuju babak 8 besar Piala Menpora 2021.

Kiprah apik PSM di Piala Menpora sedikit banyak tak bisa dilepaskan dari tangan dingin Syamsuddin Batola, eks asisten pelatih tim yang posisinya kini naik sebagai juru racik strategi utama.

Berkat kepiawaiannya meracik taktik, gaya khas permainan PSM Makassar yang cepat, keras, dan percaya diri, kembali hidup, meskipun tim tak banyak dihuni bintang dan "cuma" mengandalkan sejumlah pemain muda.

Menariknya, pelatih kelahiran Kabupaten Maros, 4 Juli 1967 itu merupakan pelatih lokal pertama PSM dalam rentang lima musim terakhir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X