Kompas.com - 24/03/2021, 07:40 WIB
Timnas Argentina menggelar latihan terbuka perdananya di Bronnitsy Training Base, Senin (11/6/2018). Argentina akan melakoni laga perdananya di Piala Dunia melawan Islandia pada Sabtu (16/6/2018). BOLA/HERKA YANIS PANGARIBOWOTimnas Argentina menggelar latihan terbuka perdananya di Bronnitsy Training Base, Senin (11/6/2018). Argentina akan melakoni laga perdananya di Piala Dunia melawan Islandia pada Sabtu (16/6/2018).

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat jadwal Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan dalam bahaya. Kini, ada wacana bagi tim-tim zona CONMEBOL untuk memainkan laga mereka di Spanyol dan Portugal.

Medio pekan ini seharusnya menjadi jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar bagi tim-tim Amerika Selatan.

Namun, CONMEBOL sejak awal bulan ini sudah menetapkan pembatalan jadwal kualifikasi pada Maret 2021 karena sulitnya penerbangan dan larangan bepergian di era pandemi Covid-19.

Kini, media asal Spanyol, As, melaporkan kalau penundaan lebih lanjut akan membuat kualifikasi tak bisa diselesaikan tepat waktu saat Piala Dunia 2022 bergulir di Qatar tahun depan.

Baca juga: Daftar Top Skor Liga Spanyol, Lionel Messi Melesat Tinggalkan Sahabat!

Beberapa ahli mengatakan cara terbaik mengatasi polemik ini adalah memindahkan sisa pertandingan ke Eropa sebagai langkah untuk mengatasi larangan bepergian antarbenua.

Sekarang ini, para pemain yang berbasis di Eropa perlu menjalani waktu karantina lama apabila memutuskan kembali ke Amerika Selatan.

Pandemi virus corona juga masih merajalela di bagian bumi tersebut.

Brasil sendiri memiliki jumlah kasus positif kedua terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat dengan angka 12,1 juta orang.

Tak hanya itu, angka kematian yang melebihi 270.000 juga terbanyak kedua di dunia, lagi-lagi setelah AS.

CONMEBOL membatalkan ronde-ronde laga kualifikasi pada Maret karena surat keberatan yang datang dari pihak klub apabila para pemain mereka harus menjalani karantina mandiri setelah kembali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X