Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2021, 09:40 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Pelatih Persija Jakarta, Sudirman, menyoroti masalah penguasaan bola saat timnya takluk 0-2 dari PSM Makassar di Piala Menpora 2021. Nama mantan pilar Persija, Evan Dimas, pun turut disebut-sebut.

Sudirman mengaku kurang puas dengan performa pemain saat Persija Jakarta kalah 0-2 dari PSM dalam laga pertama Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (22/3/2021).

Sang pelatih menyebut personel Persija tidak menjalankan instruksinya dengan baik, terutama soal penguasaan bola.

Selain itu, hal lain yang menjadi sorotan Sudirman adalah pemain Persija Jakarta cepat sekali naik menyerang, namun terlambat kembali ke posisi masing-masing.

Celah tersebut mampu dimanfaatkan PSM Makassar untuk mencuri gol melalui skema serangan balik.

“Hasil ini membuat saya kecewa. Saya sangat kecewa sekali karena apa yang kita latih selama ini pada beberapa momen, itu tidak bisa dijalankan pemain dengan baik, terutama masalah possession,” kata Sudirman.

Baca juga: Hasil Piala Menpora: Bhayangkara Solo FC Raih 3 Poin Perdana, Persija Tumbang

“Saya selalu berlatih ball possession, kapan harus masuk ke dalam, kapan harus main dulu. Itu tadi pemain-pemain agak sedikit memaksakan diri terlalu ke depan, sehingga kita cepat kehilangan bola dan lawan bisa counter attack. Mungkin itu yang perlu kita benahi,” ujar Sudirman melanjutkan.

Sorotan juga mengarah ke lini tengah Persija Jakarta yang dirasa kurang kreatif semenjak ditinggal Evan Dimas ke Bhayangkara Solo FC.

Terkait hal tersebut, Sudirman mengatakan Evan Dimas merupakan pemain bagus yang bisa mendistribusikan bola dengan baik. Namun dia enggan untuk lebih jauh membicarakan soal Evan Dimas.

Berdasarkan hasil pertandingan kemarin, Sudirman mengaku masih terus mencari pemain lokal yang memiliki kualitas seperti Evan Dimas dan bisa menutup lubang yang ditinggalkan oleh sang gelandang.

Baca juga: Hasil Persija Vs PSM - Macan Kemayoran Buntu, Juku Eja Curi 3 Poin

“Evan Dimas menurut saya adalah pemain yang bagus diturunkan di posisi untuk memegang dan mendistribusikan bola. Tapi, karena Evan Dimas sudah tidak di tim kami, saya pikir kami tidak usah bicara mengenai Evan Dimas lagi.”

“Kami masih mencari-cari, karena kebutuhan Liga 1 saat ini cukup berbeda. Kalau bicara mencari pemain lokal, kami masih mencari siapa pemain yang bisa menyaingi permainan Evan Dimas,” kata Sudirman mengakhiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+