Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Performa Thiago Alcantara Belum Mengilap, Juergen Klopp Buka Suara

Kompas.com - 15/03/2021, 04:45 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengungkap alasan belum optimalnya penampilan gelandang tengah Thiago Alcantara sejak bergabung pada awal musim ini.

Di luar permasalahan cedera lutut yang sempat dialami Thiago pada Oktober hingga Desember tahun lalu, beban kerja di lini tengah menjadi sebab sang pemain belum bisa memberi dampak secara besar.

Juergen Klopp menunjuk kontribusi sang pemain ketika bertahan membuatnya harus membagi konsentrasi sehingga tidak memiliki banyak kesempatan untuk menampilkan teknik mumpuni sebagai dirigen lini tengah.

"Pola permainan tim ketika bertahan memberi tuntutan kerja secara intens, Anda harus memikirkan banyak hal saat berada di posisi defensif," ujar Klopp seperti dilansir dari Daily Mail.

"Walaupun pembagian tugas ketika menyerang lebih mudah, seperti menggiring bola dan menembak ke arah gawang, memiliki keleluasaan dalam bergerak sangat membantu bagi seorang pemain," katanya.

Baca juga: Amburadul di Liga, Klopp Masih Punya Kans Selamatkan Wajah Liverpool

Adanya beban kerja cukup besar bagi Thiago dalam skema bertahan Liverpool terjadi akibat absennya sejumlah gelandang jangkar dalam skuad The Reds akibat cedera.

Kendala tersebut berujung adanya pembagian tugas antara Thiago dan Georginio Wijnaldum untuk melapis barisan pertahanan dalam tiap laga.

Beruntung, beban tersebut bisa berkurang dalam laga lanjutan kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, kontra Wolverhampton Wanderers pada Senin (15/3/2021) atau Selasa dini hari WIB mendatang.

Pasalnya, Juergen Klopp bisa kembali memainkan gelandang bertahan Fabinho di posisi aslinya daripada diturunkan sebagai bek tengah.

Baca juga: Pendukung Liverpool Masih Ingin Juergen Klopp, Bukan Steven Gerrard

Kemungkinan membaiknya performa Thiago seiring kehadiran Fabinho di lini tengah sudah terlihat pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions lalu.

Liverpool meraih kemenangan 2-0 dalam laga tersebut, berkat solidnya lini tengah beranggotakan trio Fabinho, Thiago, dan Wijnaldum.

Susunan lini tengah yang sama besar kemungkinan akan diturunkan Klopp dalam duel melawan Wolves pada Selasa dini hari.

Thiago Alcantara sudah tampil 14 kali di ajang Premier League 2020-2021, tanpa catatan gol maupun assist hingga saat ini.

Baca juga: Debut Bela Liverpool di Liga Champions, Thiago Pertajam Rekor Istimewa

Menariknya, gelandang asal Spanyol itu justru menonjol dalam hal bertahan dengan melakukan rata-rata 2,4 tekel sukses dan 1,4 mengintersep bola per laga.

Kedua angka itu termasuk yang tertinggi di antara pemain Liverpool lain sepanjang musim ini, termasuk semua pemain di lini belakang skuad The Reds.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com